Setelah lulus SMA pasti banyak yang punya keinginan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Bandung merupakan kota yang menyediakan cukup banyak tempat belajar setingkat universitas. Salah satunya adalah Universitas Komputer Indonesia. Bagi yang ingin mengetahui kampus yang terletak di Jawa Barat ini, berikut adalah uraian lengkapnya.

Tata Cara Pendaftaran Universitas Komputer Indonesia

Sama halnya dengan tata cara pendaftaran kampus atau universitas lain di Indonesia, Unikom juga mewajibkan mahasiswa baru untuk mendaftar secara online. Namun, selain mendaftar secara resmi melalui situs resmi kampus, diperlukan langkah-langkah khusus. Berikut informasi selengkapnya

  1. Membayar sejumlah biaya pendaftaran di muka

Pertama, untuk memulai proses pendaftaran, calon maba harus membayar biaya pendaftaran terlebih dahulu. Pilihannya ada 2, calon mahasiswa baru bisa membayar lewat ATM atau datang langsung ke bank. Nomor rekening resmi kampus adalah 1031960XXX atas nama FORM UNIKOM. Jangan lupa untuk mencatat data transaksi. Termasuk nomor transaksi dan nomor transfer. Apalagi bagi yang memilih membayar melalui transfer ATM. Biaya masuknya 350 ribu rupiah.

  1. Menyiapkan Kelengkapan Data Akademik

Nanti setelah masuk website, calon maba akan diminta mengisi formulir pendaftaran. Selain itu, beberapa dokumen pendukung juga perlu diunggah. Persiapkan terlebih dahulu semuanya yang sudah lengkap. Sehingga nantinya proses registrasi bisa sukses dan lebih cepat.

  1. Buka Situs Resmi Universitas

Setelah semuanya siap, tinggal buka website resmi kampus yaitu Unicom.ac.id. Setelah halaman website terbuka, cari saja dan klik tab “Register”. Kemudian setelah itu akan dibawa ke pop up yang menanyakan apakah Anda ingin mendaftar sekarang ?, dan klik tab.

  1. Isi formulir dan lakukan pemeriksaan

Setelah tab daftar sekarang terbuka, itu akan diarahkan ke halaman gabungan untuk mengisi formulir pendaftaran online. Kira-kira berisi agar pendaftar benar-benar mengisi data dengan benar. Setelah itu pendaftar juga diminta memberikan nomor dan alamat email sebagai kode konfirmasi pendaftaran. Kemudian pendaftar diminta untuk melakukan pengecekan ulang.

  1. Lengkapi Data Informasi

Data yang akan diisi pada formulir pendaftaran harus diisi dengan benar. Termasuk kontak pribadi, terkait data pribadi seperti nama, asal sekolah, informasi orang tua dan jurusan yang ingin Anda pilih. Jika hanya ada 1 data yang tidak benar untuk diisi, maka masalah bisa terjadi kemudian.

  1. Isi Data Pembayaran

Setelah semua data pada form pendaftaran terisi, jangan lupa untuk mengisi data pembayaran yang telah dilakukan sebelumnya. Akan ada formulir khusus yang harus diisi terkait informasi ini. Pendaftar hanya perlu mengisi tanggal, nomor transfer serta nama pengirim.

  1. Periksa Data Kembali

Setelah semuanya terisi, jangan lupa untuk mengecek kembali apakah ada yang tersisa atau tidak terisi. Cobalah untuk mengisi semuanya dengan benar. Ini akan memudahkan admin melakukan verifikasi sehingga lebih cepat diproses. Jika Anda yakin sudah terisi secara lengkap, silahkan klik “submit” yang terletak di bagian bawah formulir.

  1. Melakukan Cetak Kartu

Pendaftar akan mendapatkan konfirmasi dari admin mengenai konfirmasi pendaftaran yang telah dilakukan. Baik melalui email atau telepon. Ini menjadi bukti jika registrasi sudah berhasil diverifikasi. Baru setelah itu pendaftar bisa langsung mencetak kartu ujian untuk melakukan seleksi masuk di UNIKOM.

  1. Mengikuti Ujian Seleksi Masuk Universitas Komputer Indonesia

Proses terakhir sebelum resmi menjadi mahasiswa baru di UNIKOM adalah terlebih dahulu mengikuti ujian masuk. Jika setelah bekerja, UNIKOM memutuskan bahwa pelamar diterima, maka akan diberitahukan melalui email. Kemudian mereka resmi menjadi mahasiswa baru UNIKOM.

share