Di era seperti sekarang ini untuk mendapatkan pekerjaan tentu tidak semudah seperti yang dibayangkan, pasalnya sekarang ini persaingan dunia kerja sangat ketat. Dengan adanya hal tersebut maka tidak heran jika banyak lulusan dari perguruan tinggi negeri maupun swasta yang belum mendapatkan pekerjaan atau menganggur.

Pasalnya tidak sedikit perusahaan yang lebih memilih lulusan perguruan tinggi dari luar negeri dibandingkan lulusan perguruan tinggi dari dalam negeri. Dengan adanya hal tersebut maka tidak heran jika banyak orang yang menginginkan kuliah ke luar negeri.

Dimana untuk bisa kuliah di luar negeri tentu biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan kuliah di dalam negeri. Karena mahalnya biaya yang harus dikeluarkan maka tidak sedikit orang yang mengurungkan niatnya untuk bisa kuliah di luar negeri.

Adapun cara yang bisa kalian lakukan jika yang ingin kuliah di luar negeri tapi tidak memiliki biaya atau ingin kuliah gratis adalah dengan beasiswa. Namun untuk bisa mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri tidaklah mudah. Pasalnya ada beberapa persyaratan dan juga tahapan seleksi yang harus kalian lewati.

Bagi kalian yang ingin serius mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri, ada beberapa tips mendapat beasiswa luar negeri yang perlu diperhatikan seperti dibawah ini.

Kemampuan Bahasa Inggris

Tips mendapat beasiswa luar negeri dan umumnya menjadi syarat pertama harus kalian kuasai adalah memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik. Apabila negara tujuan kuliah kalian menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa sehari-hari, tentu kalian harus memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik.  Jika kemampuan bahasa inggris yang kalian miliki dirasa belum cukup baik, ada baiknya untuk mengikuti kursus ataupun pelatihan bahasa inggris terlebih dahulu sebelum mendaftar beasiswa kuliah ke luar negeri.

Pasalnya untuk bisa mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri paling tidak kalian harus memiliki skor TOEFL minimal 550.Jika skor TOEFL kalian tidak mencapai 550 tentu secara otomatis kalian akan gagal atau tidak bisa mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri.

Pengalaman Organisasi

Bagi kalian yang ingin mendaftar beasiswa kuliah di luar negeri, sebaiknya kalian sudah memiliki pengalaman berorganisasi. Pasalnya tidak sedikit penyedia beasiswa yang menjadikan pengalaman berorganisasi sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi pendaftar beasiswa kuliah ke luar negeri.

Pengalaman organisasi yang dimaksud tidak hanya di lingkungan kampus atau sekolah saja, pengalaman organisasi di lingkungan masyarakat juga tidak kalah penting.

Menentukan Kampus Pilihan

Adapun hal yang harus kalian perhatikan sebelum memutuskan untuk mendaftar beasiswa kuliah ke luar negeri adalah menentukan kampus pilihan kalian terlebih dahulu. Setelah berhasil memilih kampus yang ingin dituju, kalina juga harus menentukan jurusan yang kalian inginkan. Apakah di kampus tersebut ada jurusan yang sesuai dengan keinginan kalian atau tidak.

Pada saat memilih kampus dan jurusan yang diinginkan, kalian juga harus memperhatikan peringkat kampus dan akreditasi jurusan yang kalian inginkan. Usahakan untuk memilih kampus yang berperingkat atas serta jurusan yang sudah terakreditasi baik.

Menyiapkan Dokumen

Hal penting lainnya yang harus kalian perhatikan yaitu kelengkapan dokumen. Percuma jika kalian sudah memiliki bahasa inggris yang baik, serta sudah memiliki pengalaman organisasi tetapi dokumen yang dikumpulkan tidak lengkap.

Tentu jika dokumen yang kalian kumpulkan tidak lengkap kemungkinan untuk bisa mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri akan semakin kecil bahkan akan gagal. Adapun salah satu dokumen yang memiliki peranan cukup penting dalam proses seleksi beasiswa kuliah ke luar negeri adalah CV.

Usahakan untuk membuat CV secara sistematis dan isinya sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya ataupun tidak mengada-ada.

Itulah beberapa tips mendapat beasiswa di luar negeri yang dapat kalian ketahui, jika benar-benar serius ingin meneruskan kuliah di luar negeri.

 

share