Baik kali ini admin akan membagikan sedikit ulasan mengenai sisi lain dari pada pada bung karno seorang tokoh proklamotor indonesia. beliau adalah seorang orator ulung dimana beliau mampu menyatukan seluruh pemikiran bangsa indonesia hanya dengan melalui pidatonya. beberapa pidato yang dilemparkan oleh bung karno banyak menjadi panutan anak muda indonesia hingga hari ini.
Ternyata dari mana kemudian bung karno mampu berbudi bahasa dan beretorika dengan baik, ternyata beliau mempunyai sisi lain dari pada kehidupannya, sehingga menjadi dasar dari pada pidato yang sering dilakukakan oleh bung karno.
Bung Karno seorang kutu buku yang luar biasa. Penguasaannya atas sejumlah bahasa asing plus kemampuan pidatonya yang istimewa menjadikan dia menjadi orator tanpa tanding. Ia mampu mempersatukan dari begitu banyak latar belakang etnik, budaya dan agama dengan lidahnya, tanpa menumpahkan setetes darah pun.
Kemampuan Soekarno itu tentu diperoleh melalui proses, tetapi jelas buku-buku adalah bagian penting dari proses
itu. Saat masih remaja, Soekarno sudah sering tenggelam menikmati beragam buku di perpustakaan ayahnya. Kemudian, seperti ditulis Howard Palfrey Jones dalam bukunya, Indonesia: The Possible Dreams, tahun-tahun dalam penjara dan pengasingan adalah tahun-tahun pendidikan. Ia membaca dan membaca —semuanya yang dapat diperolehnya. Tetapi ia paling menginginkan buku-buku tentang sosialisme dan revolusi; buku-buku yang akan mengajarinya bagaimana mengorganisasi (rakyat) melawan Belanda, buku-buku yang akan memberinya pandangan tentang revolusi.
demikian artikel ini semoga bisa menjadi referensi pengetahuan baru buat kita dalam mengilhami bapak proklamotor bangsa indonesia. melalui pidato-pidato beliau indonesia dapat menjadi satu wadah yang utuh sebagai sebuah negara bangsa dan tanah air yang tercinta yaitu INDONESIA.
share