campus-tutorial.com – sejarah dasar pendidikan di Indonesia, baik kali ini admin akan menjelaskan sedikit tentang sistem pendidikan ditaman siswa. dimana sebuah sekolah yang didirikan oleh ki hajar dewantara ini merupkan sebuah sekolah yang muncul efek dari diterapkanya politik balas budi oleh pemerintah kolonial belanda. politik balas budi ini sangat dimanfaatkan oleh ki hajar dewantara dengan mendirikan sebuah sekolah dan diberi nama taman siswa.

taman siswa didirikan pada tahun1922 dijogjakarta, sekolah menggunakan sistem yang kemudiaan nantinya menjadi solgan dari kementrian pendidikan hingga hari ini. dimana sistem pendidikan yang diterapkan dalam taman siswa yaitu sistem amon dimana guru atau pendidik bertindak sebagai pemimpin yang berdiri dibelakang tetapi mempengarhui serta memberi kesempatan kepaada siswa untuk mengembangkan potensi dan kreatifitas mereka.

dalam konsep pendidikan ada dua landasan gabungan yang digunakan oleh ki hajar dewantara yaitu landasan pembelajaran behaviorisme dan landasan nativisme. dimana dalam era modern seperti sekarang ini dikenal sebagai landasan konvergensi yaitu sebuah landasan yang merupakan gabungan dari teori behaviorisme dan toeri nativisme.

tujuan lain dari hadirnya taman siswa yaitu agar para siswa yang kemudian dibentuk dapat menjadi orang yang kemudian merdeka baik secara lahirian maupun jasmaninya.

 Demikian artikel tentang sejarah dasar pendidikan di indonesia semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan referensi buat teman-teman sekalian.

share