Pengertian Penelitian Eksperimen Menurut Pendapat AhliPengertian Penelitian Eksperimen Menurut Pendapat Ahli – baik gan kali ini admin akan membahas mengenai defenisi penelitian eksperimen dari berbagai pendapat pakar.
  1. Menurut wiersman (1991:99) mendefenisikan eksperimen adalah sebagai suatu situasi penelitian   yang sekurang-kurangnya satu variabel bebas, yang disebut sebagai variabel eksperimental. sengaja dimanipulasi ileh peneliti.
  2. Menurut davis (2004) penelitian eksperimental didasarkan pada asumsi bahwa dunia kerja menurut hukum-hukum kausal. hukum-hukum ini esensialnya adalah linear, meskipun bersifat komplikasi dan interaktif.
  3. Menurut gay (1981) penelitian eksperimental adalah metode penelitian eskperimental merupakan satu-satunya metode penelitian yang dapat menguji secara benar hipotesis menyangkut hubungan kausal (sebab akibat). dalam studi eksperimental peneliti paling sedeikit memanipulasi minimal satu variabel.
  4. Menurut Faisal (1982: 76) Suatu metode yang sistematis dan logis untuk menjawab pertanyaan :”Jika sesuatu dilakukan pada kondisi-kondisi yang dikontrol dengan teliti, maka apakah yang akan terjadi?”
  5. Menurut Latipun (2002) Penelitian yang dilakukan dengan melakukan manipulasi yang bertujuan untuk mengetahui akibat manipulasi terhadap perilaku individu yang diamati.
  6. Menurut Hadi (1985) Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui akibat yang ditimbulkan dari suatu perlakuan yang diberikan secara sengaja oleh peneliti.
  7.  Menurut Sugiyono (2011: 72) Metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali.

Demikian artikel tentang Pengertian Penelitian Eksperimen Menurut Pendapat Ahli semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan referensi serta bisa menjadi bahan acuan dalam melakukan penelitian eksperimen.

share