Penggunaan data sangat penting, terutama ketika akan meneliti sesuatu atau mencari fakta. Dalam kehidupan kenegaraan, data statistik tentu sangat penting untuk melihat seberapa banyak atau berapa banyak hal yang dipelajari. Dalam perkuliahan, ilmu mempelajari statistik seperti ini juga dibedakan dalam jurusannya sendiri. Berikut ini adalah penjelasan lengkap dari Jurusan Statistik dan apa prospek pekerjaan bagi lulusan Jurusan Statistik?

Bagaimana Cara Belajar di Jurusan Statistik?

Statistik dapat dikatakan sebagai ilmu yang terkait erat dengan data. Di Jurusan Statistik ini Anda akan belajar bagaimana mengumpulkan, merencanakan, menganalisis, memproses, menafsirkan, mentabulasi, mengklasifikasikan, mencari informasi tentang data, dan menyajikan data. Nantinya, data dalam bentuk angka-angka ini diproses menjadi informasi.

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak data harus diproses dan dijadikan analisis yang bermanfaat. Tujuan dari analisis dan pemrosesan data ini adalah untuk membuat kemajuan untuk memprediksi kondisi di masa depan. Oleh karena itu, data akurat dari statistik sangat penting karena digunakan sebagai bahan referensi untuk prediksi masa depan.

Data yang digunakan juga bervariasi. Misalnya, data penjualan untuk tahun itu, data tersebut diproses dan kemudian disajikan untuk membuat keputusan. Misalnya juga data pertumbuhan populasi di suatu daerah, yang dikaji menurun atau bertambahnya populasi. Selain dapat memprediksi apa yang akan terjadi pada tahun-tahun berikutnya, data ini juga dapat menjadi bahan untuk penelitian mengapa terjadi penurunan atau peningkatan populasi.

Proses Pembelajaran dan Mata Pelajaran yang Dipelajari di Jurusan Statistik

Untuk dapat menyelesaikan studi Anda di Jurusan Statistik, Anda memerlukan setidaknya 7 semester. Tempat untuk lulus, Anda harus mengambil minimal 19 kredit dari mata kuliah pilihan yang tersedia. Di Jurusan Statistik, Anda akan belajar tentang Kalkulus, Metode Statistik, Aljabar Linier untuk Statistik, Algoritma Pemrograman, Dasar-Dasar Manajemen Bencana, Peluang, Basis Data, Ancaman Bencana, Teknik Pengambilan Sampel, Analisis Data Eksploratif, Statistik Matematika, Sistem Informasi Manajemen, Data Dasar Penambangan, Sistem Informasi Geografis, hingga Komputasi Statistik.

Selain kursus matematika dan statistik, di Jurusan Statistik Anda juga akan mempelajari mata pelajaran lain seperti Kewirausahaan, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Pendidikan Pancasila. Dan selain teori, Anda juga harus berlatih setiap semester.

Perbedaan antara Statistika dan Statistik

Mungkin sebagian dari Anda masih bingung tentang perbedaan antara statistika dan statistik. Statistika adalah ilmu yang berhubungan dengan data, sedangkan statistik adalah data, informasi, dan hasil penerapan algoritma statistik dalam suatu data. Memang, dalam mata pelajaran statistik semua dipelajari di Jurusan Matematika. Tapi tentu saja tidak semuanya dan di Jurusan Statistik Anda akan mendapatkan kursus yang berurusan dengan statistik lebih lengkap.

Jurusan Statistik Cocok untuk Siapa?

Bagi Anda yang menyukai perhitungan dan analisis data, Jurusan Statistik akan sangat cocok untuk Anda. Apalagi jika Anda berniat berkarier di bidang statistik.

Prospek Pekerjaan Lulusan Statistik

Prospek pekerjaan bagi lulusan Jurusan Statistik sangat terbuka lebar. Anda dapat bekerja di berbagai bidang, seperti perusahaan sebagai analis. Bekerja di pemerintahan, dengan menjadi pegawai negeri atau bukan pegawai negeri, misalnya di BPS, BKKBN, atau lembaga pemerintah lainnya. Di bidang perbankan juga membutuhkan lulusan Statistik. Menjadi seorang pendidik di bidang statistik juga merupakan prospek lowongan kerja bagi lulusan Jurusan Statistik.

share