Mungkin kita sudah banyak yang mendenagr kalimat “jangan sekali-kali meninggalkan sejarah”. Ya kalimat fenomenal itu diucapkan oleh Presiden soekarno yang masih membekas hingga saat ini.

Jurusan ilmu sejarah bukan hanya menjadi sejarawan saja, namun bisa juga menjadi guru dan masih banyak yang lainnya. Untuk lebih jelasnya bisa simak ulasan berikut ini.

Apa itu ilmu sejarah ?

Jika kamu uliah mengambil jurusal ilmu sejarah maka disini kamu akan mempelajari pengembangan pendidikan dari ilmu-ilmu humaniora yang berdasarkan bahwa sejarah merupakan salah satu ilmu yang sangat penting untuk dipelajari.

Pada jurusan ini akan diarahkan untuk mengembangkan pendidikan serta riset dibidang sejarah yang dikemas secara profesional.

Hal itu akan menciptaan sejarawan yang terlihat handal serta profesional.

Jurusan ilmu sejarah juga banyak dikenal dengan sejarah murni dan mempunyai kemiripan dengan jurusan pendidikan sejarah.

Perbedaanya terletak pada orientasinya. Jika ilmu sejarah adalah sebagai peneliti, dan pendidikan sejarah berorientsi pada tenaga pendidik.

Ilmu sejarah memiliki beberapa fokus kajian sejarah yang ada di Indonesia tentu berbeda disetiap universitas, seperti kajian budaya, sosial, perkotaan dan lain-lain.

Dan yang menjadi fokus utama dari ilmu sejarah adalah manusia, dan belajar dari masala lalu demi masa depan yang lebih baik lagi. Itulah yang menjadi kegunaan mempelajari ilmu sejarah.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu sejarah

Jurusan ilmu sejarah yang banyak mempelajari tentang sejarah memiliki prospek kerja yang luas. Biasanya lulusan sejarah ini akan diarahkan sebagai peneliti, namun sebenarnya prospek kerja yang bisa didapatkan lebih dari itu dan masih luas. Untuk mengetahui prospek sejarah tersebut bisa disimak dibawah ini.

Peneliti

Lulusan ilmu sejarah juga bisa menjadi peneliti karena bisa merekonstruksi serta menginterprestasi suatu peristiwa di masa lau dengan menggunakan analisis data secara profesional.

Tenaga Ahli

Dalam ilmu sejarah juga dipelajari tentang banyak arsip serta benda-benda yang bersejarah. Oleh karena itu lulusan ini berpeluang untuk menjadi tenaga ahli dalam menginventaris, mengklasifikasi, mendata ataupun dalam memandu museum.

Konsultan

Saat ini jurusan ilmu sejarah juga berpeluang untuk menjadi konsultan. Kamu dianggap bisa memecahkan permasalahan saat ini yang masih berkaitan erat dengan sejarah.

Pendidik

Saat kamu sudah lulus kuliah jurusan ilmu sejarah juga bisa menjadi tenaga pendidik. Tenaga pendidik yang bisa kamu lakukan bisa sebagai dosen, guru ataupun menjadi penulis. Dan jika kamu sebagai penulis maka bisa menulis apapun yang masih berkaitan dengan sejarah.

Penulis

Seseorang yang kuliah di jurusan ilmu sejarah tentunya sudah terbiasa dengan kegiatan menulis. Kebiasaan tersebut akan menuntun kamu untuk menjadi penulis. Baik menulis buku sejarah ataupun bisa juga menulis buku novel.

Wartawan

Ketika mengambil jurusan ilmu sejarah tentunya kamu sudah terbiasa untuk mencari informasi yang valid semasa kuliah. Ini bisa menjadi bekal kamu untuk menjadi seorang wartawan.

Apabila kamu ingin menjadi wartawan maka perbanyakkanlah membaca buku dan aktif berdiskusi dalam hal apapun yang akan menunjang pekerjaan kamu.

Di era digital ini membuka banyak lapangan kerja yang masih berhubungan dengan jurnalistik. Jika menjalankan profesi ini maka kamu bisa bekerja di penerbitan

Dalam jurusan apapaun jika kamu ingin sukses kuncinya adalah kemauan kuat dan usaha yang besar dalam mempelajari banyak hal. Namun jika kamu malas maka kuliah di jurusan apapaun akan terasa sulit.

Demikian informasi mengenai pengertian jurusan sejarah dan prospek kerjaannya. Semoga bermanfaat.

share