Jurusan Matematika dapat diprediksi, identik dengan siswa yang menyukai matematika dan teka-teki matematika. Tak heran, jika jurusan ini diminati oleh banyak mantan siswa sekolah menengah jurusan Ilmu Pengetahuan Alam. Kedengarannya menakutkan bagi siswa yang tidak suka perhitungan. Tapi, bagaimana tepatnya Jurusan Matematika ini? Ayo lihat artikel di bawah ini!

Apa itu Jurusan Matematika dan untuk siapa?

Matematika, termasuk sains murni, yang berisi angka dan perhitungan tidak langsung. Pernyataan bahwa matematika mempelajari perhitungan, rumus, hingga statistik benar. Faktanya, matematika telah ada sejak zaman prasejarah di Afrika kuno dan minat dalam perhitungan sudah ada sejak 35.000 tahun SM.

Prinsip matematika digunakan sebagai dasar untuk pengembangan teknologi baru dan temuan penelitian ilmiah. Dan sebenarnya, matematika menarik untuk dipelajari, terutama ketika kita berhasil memecahkan teka-teki. Tanpa disadari, dalam kehidupan sehari-hari kita selalu terlibat dalam matematika. Bagi Anda yang suka memecahkan teka-teki rumit dan senang dengan perhitungan, matematika bisa menjadi pilihan yang tepat. Tidak masalah dari Jurusan ilmu pengetahuan atau sosial, jika Anda memiliki minat dalam dunia aritmatika, berhitung, Anda dapat membuat pilihan di Jurusan Matematika.

Apa yang dipelajari di Jurusan Matematika?

Tidak semua Jurusan Matematika di semua universitas menerapkan mata pelajaran yang sama. Tetapi secara umum, kursus di Jurusan Matematika meliputi Matematika Dasar, Metode Statistik, Sains, Kimia Dasar, Logika dan Asosiasi, Aljabar, Algoritma dan Pemrograman, Statistik Matematika, Metode Numerik, Fisika, Kalkulus, dan matematika terkomputerisasi. Selain belajar sains dan matematika, Jurusan Matematika juga mempelajari kursus sosial dan humaniora, agama, dan bahasa Inggris.

Spesialisasi di Jurusan Matematika

Ketika menginjak semester 5, siswa dari Jurusan Matematika akan memilih spesialisasi. Secara umum, spesialisasi yang disediakan di Jurusan Matematika termasuk Matematika Murni, yang mempelajari berbagai teori matematika secara mendalam. Ada juga spesialisasi dalam Statistik, yang mempelajari perencanaan, pengumpulan, analisis, interpretasi, dan penyajian data. Di sini Anda akan berkutat pada data – data dengan teknik pengumpulan data.

Ada juga spesialisasi dalam Ilmu Komputer / Komputasi, yang mempelajari aplikasi matematika dalam ilmu komputer. Lalu ada spesialisasi aktuaria, yang belajar tentang memecahkan masalah bisnis aktual dengan menerapkan teori matematika, keuangan, dan statistik. Dan spesialisasi terakhir adalah Riset Operasi, yang merupakan cabang interdisipliner matematika terapan dan ilmu formal. Di sini, banyak kursus akan menggunakan model matematika dan statistik untuk mendapatkan nilai optimal atau mendekati optimal pada masalah kompleks. Selain spesialisasi ini, ada juga spesialisasi lainnya seperti Analisis dan Geometri, Aljabar, Matematika Kombinatorial, Matematika Bisnis dan Industri, serta Pemodelan dan Simulasi Sistem.

Prospek Pekerjaan Jurusan Matematika

Lulusan Jurusan Matematika tidak hanya bisa menjadi dosen atau guru. Ada banyak prospek pekerjaan bagi lulusan Jurusan Matematika. Diantaranya adalah ahli statistik, aktuaris, peneliti, insinyur, bank, hingga ahli matematika. Bahkan, lulusan Matematika juga memiliki peluang untuk menjadi seorang ekonom, akuntan, dan wirausaha.

Universitas dengan Jurusan Matematika Terbaik

Jika Anda bermaksud memasuki Jurusan Matematika, Anda dapat memilih Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, atau Universitas Padjadjaran. Nah, itu gambar dari Jurusan matematika, semoga Anda yang awalnya bingung untuk memiliki gambaran jadi tidak bingung lagi ya.

share