Ingin kuliah di jurusan kesejahteraan sosial tapi belum tahu apa saja yang nantinya kamu pelajari dan bagaimana prosepek kerjanya setelah lulus kuliah. Jika kamu ingin mempelajari lebih detail silahkan simak informasi pengertian jurusan Ilmu kesejahteraan sosial dan prospek kerja yang kami bagikan berikut ini.

Tentang Jurusan Ilmu kesejahteraan Sosial

Bagi sebagian orang pasti tidak begitu familiar dengan jurusan yang satu ini. Ya, jurusan ini memang tidak setiap universitas mengadakannya. Untuk itu bagi kalian yang masuk ke jurusan ini maka persaingan di dunia kerjanya tidak terlalu sempit. Jurusan Kesejahteraan Sosial ini mengajarkan tentang disiplin ilmu terkait dengan pekerjaan sosial. Didalamnya juga mempelajari termasuk nilai, prinsip serta etika yang dihadirkan.

Pada jurusan ini, kita juga belajar terkait dengan kebijakan serta pelayanan sosial dalam tingkat lokal, nasional bahkan tinggal internasional. Bisa dibilang jurusan ini sangat cocok bagi kita yang memiliki jiwa sosial yang tinggi. Dimana kita memang punya passioon dalam bidang tersebut. Apalagi jika anda merupakan orang yang suka bersosialisasi dan berkegiatan di luar ruangan untuk berinteraksi dengan masyarakat langsung. Maka bisa dipilih jurusan yang satu ini.

Untuk masuk ke jurusan ini, ada beberapa kemampuan dan juga keahlian yang harus kita miliki. Misalnya saja keahlian dalam hal komunikasi. Ini penting pasalnya kita akan banyak berkomunikasi dengan berbagai pihak. Kita juga membutuhkan kemampuan untuk melakukan advokasi termasuk didalamnya meneliti, menganalisis, dan observasi. Orang yang berkecimpung dalam dunia pekerjaan sosial juga dituntut bisa berpikir secara logis dan mampu mengatasi masalah atau problem solver.

Yang Dipelajari di Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

Ada beberapa alasan yang melatar belakangi Orang Orang memilih jurusan yang satu ini. Salah satunya adalah banyaknya keuntungan yang akan kita dapatkan ketika masuk ke jurusan yang satu ini. Misalnya saja dari Instansi pemerintah pusat serta daerah. Instansi tersebut ternyata sangat membutuhkan lulusan yang berlatar belakang disiplin Ilmu Kesejahteraan Sosial. Dimana nantinya orang tersebut akan diplot untuk membidangi urusan sosial.

Selain mudahnya akses dalam instansi pemerintah, jurusan kesejahteraan sosial juga memungkinkan kita untuk bisa bekerja dalam organisasi amal atau nirlaba. Misalnya saja pada lembaga swadaya masyarakat dimana akan berfokus pada pengembangan masyarakat dan juga pembangunan sosial.

Berikutnya adalah di perusahaan swasta kita punya punya kesempatan. Karena banyak unit kegiatan sosial dalam perusahaan tersebut yang membutuhkan tenaga dari lulusan kesejahteraan sosial. Misalnya saja untuk ditempatkan pada divisi yang bernama Corporate Social Responsibility.

Berikutnya adalah kita bisa bekerja sama dengan lembaga sosial setingkat dunia. Misalnya saja bekerja di lembaga PBB bernama UNICEF dan juga Save The Children. Pada lembaga tersebut membutuhkan seseorang yang memiliki kemampuan advokasi yang cukup baik. Keuntungan lainnya yang kita dapatkan adalah kemudahan dalam hal eksplorasi kemampuan untuk masuk k. Bidang lainnya. Caranya adalah dengan jalur Management Trainer ataupun development programme.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah berbicara Soal Prospek Kerja. Lulusan dari program studi kesejahteraan sosial ini sangat dibutuhkan dalam instansi pemerintahan, lembaga Internasional dan juga perusahaan swasta. Bahkan ada juga organisasi nirlaba yang membutuhkan tenaga pekerja sosial di bidang pemberdayaan masyarakat.

Nantinya, jurusan ini akan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan advokasi baik pastinya juga memiliki kepekaan dan juga empati tinggi. Bidang pekerjaan dari jurusan yang satu ini memang sangat cocok untuk anda yang menyukai pekerjaan terjun langsung ke tengah masyarakat. Kita juga bisa menjadi konsultan serta berbagai program pengembangan masyarakat. Pada masing-masing pekerjaan itu menawarkan jenjang karier yang sangat bervariasi. Termasuk didalamnya juga gaji. Akan tetapi semua itu tergantung pengalaman. Berikut adalah lowongan pekerjaan untuk jurusan pekerjaan sosial

  • PNS
  • Account Officer
  • Pekerja Sosial Media
  • Dosen
  • Chocolatier

Kampus Terbaik Dengan Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

 

  • Universitas Padjadjaran
  • Universita Indonesia
  • Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Universitas Muhammadiyah Malang
  • Universitas Pasundan
  • Universitas Sumatera Utara
share