Kamu kreatif? mungkin cocok ambil jurusan kuliah DKV atau jurusan Desain Komunikasi Visual. Dan, bagaimana prospek kerjanya? simak selengkapnya berikut ini.

Jurusan DKV atau Desain Komunikasi Visual, adalah jurusan yang cukup menarik. di jurusan ini, kamu bisa dapatkan berbagai ilmu desain termasuk mempelajari beberapa metode metode pembuatan karya visual.

Jurusan DKV inu awalnya disebut jurusan Desain Grafis dan cuma mempelajari grafis 2 D untuk media cetak saja. Dan kemudian jurusan DKV berkembang, ilmu yang dipelajari di jurusan ini lebih kompleks lagi, tak hanya belajar 2D.

Perkembangan ini tentunya dipengaruhi semakin majunya teknologi yang juga mempengaruhi perkembangan grafis. Semula dari 2 D kini berubah menjadi 3D serta grafis bergerak pada media elektronik dan media baru lainya seperti web.

Apa itu DKV?

DKV atau jurusan Desain Komunikasi Visual adalah jurusan yang dipelajari ilmu komunikasi dan menggunakan elemen rupa atau elemen visual. di Jurusan ini mahasiswa belajar olah pesan dengan komunikatif, informatif, rekreatif dan efektif. Ini agar pesan lebih tepat sasaran dan lebih menarik.

Di jurusan DKV kamu juga diajari membuat karya desain di berbagai media misalnya logo poster web video foto animasi dan masih banyak lagi. Jurusan desain komunikasi visual sekarang juga punya banyak jenis seperti DKV grafis, DKV multimedia dan masih banyak lagi.

Alasan pilih Jurusan DKV

Alasan kenapa memilih jurusan DKV. Adalah jurusan ini tepat bagi kamu yang punya jiwa seni dan kreatif untuk menggali bakat kamu dalam bidang desain. Di jurusan DKV kamu belajar kombinasi antara estetika dengan komunikasi. Jurusan DKV ini bisa saja cocok untuk kamu yang hobi gambar manual maupun memakai software desain grafis, videografi, fotografi, dan animasi.

Mata kuliah Jurusan DKV

Dalam jurusan desain komunikasi visual kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah mulai dari fotografi, seni rupa, ilmu iklan, videografi dan masih banyak lagi. Berikut ini mata kuliah yang kamu pelajari di jurusan DKV :

  • Fotografi Dasar,
  • Desain Komunikasi Visual Dasar,
  • Tipografi Aplikatif,
  • Ilustrasi Aplikatif,
  • Fotografi Aplikatif,
  • Dasar Seni Rupa dan Desain,
  • Rupa Dasar 2D,
  • Pengantar Rekayasa dan Desain,
  • Kreativita dan Humanita,
  • Rupa Dasar 3D, DKV Dasar,
  • Tipografi Dasar,
  • Ilustrasi Dasar,
  • Metode Produksi,
  • Komunikasi Visual Multimedia, dan lainnya.

Prospek karir Lulusan DKV

Lulusan DKV punya peluang kerja dan prospek karir cukup luas di bidang industri kreatif. Kamu bisa berkarir sebagai konsultan branding, agensi periklanan, developer website, humas pemerintah atau perusahaan.  Lulusan DKV juga bisa bekerja di industri kurator seni, desainer produk komersial, sutradara, editor video, film, seniman video, animator dan masih banyak lagi. Selain itu kamu juga bisa bekerja mandiri atau menjadi freelance designer.

Sekarang Desainer Komunikasi Visual masih lebih dikenal sebagai desain grafis profesi. Jika ikut perusahaan kamu harus penuhi permintaan perusahaan kamu.

Kampus  yang Ada jurusan DKV

Ada banyak kampus dalam negeri maupun luar negeri yang ada jurusan DKV.  Kampus tanah air misalnya BINUS University, Universitas Telkom, Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis, Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia, Universitas Sahid Jakarta, Universitas Tarumanegara, Universitas Paramadina, dan Institut Teknologi Bandung.

Selain itu kampus Indonesia lainya yang ada jurusan DKV adalah Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Trisakti, Universitas Negeri Semarang, Institut Kesenian Jakarta, Universitas Pelita Harapan, Universitas Negeri Makassar, Universitas Sebelas Maret, Universitas Sepuluh November dan masih banyak lagi.

share