Apakah Anda senang dengan hitungan matematika atau belajar tentang ekonomi? Secara umum, jika Anda ingin melanjutkan studi ke tingkat tersier sementara latar belakang Anda adalah lulusan sekolah menengah jurusan studi sosial, disarankan agar Anda memilih jurusan akuntansi. Mengapa demikian? Hal ini terutama disebabkan oleh fakta bahwa selain menyalurkan bakat dan hobi Anda, lulusan akuntansi biasanya lebih mudah untuk menemukan pekerjaan karena jumlah lowongan kerja dan tingkat penyerapan lebih besar di perusahaan daripada lulusan ekonomi lainnya.

Karier di bidang Akuntansi akan lebih cerah di Perusahaan.

Jika kita berbicara tentang masalah karir, tidak bisa dipisahkan dari siapa yang mempromosikan Anda ke level itu. Seperti yang Anda ketahui bahwa pekerjaan rutin dalam akuntansi adalah membuat laporan keuangan (Laporan Keuangan), di mana perincian laporan biasanya bersifat rahasia, dan hanya kalangan tertentu yang dapat menggunakan laporan ini. Pihak yang paling tertarik untuk mengetahui perkembangan laporan keuangan biasanya di tingkat Manajer hingga pemilik atau pemilik perusahaan. Dan jika mereka merasa bahwa laporan Anda dapat diandalkan, maka itu tidak mengesampingkan promosi pekerjaan ke tingkat yang lebih tinggi yang akan Anda dengan mudah capai di masa depan.

Laporan Keuangan adalah urat nadi Pengembangan Perusahaan

Jika Anda bekerja di perusahaan yang baru berkembang atau perusahaan pemula, biasanya dibutuhkan modal kerja tambahan yang sangat besar untuk mendukung kegiatan perusahaan, dengan modal kerja terbatas yang dimiliki oleh alternatif pilihan pertama yang biasanya diambil dengan mengajukan proposal untuk mengirimkan dana ke bank atau investor. Poin utama yang menarik dari pihak ketiga yang tertarik memberikan pinjaman atau menginvestasikan dana adalah untuk melihat prospektus dari laporan keuangan perusahaan.

Selain itu, jika Anda bekerja di perusahaan yang tumbuh sangat cepat, data posisi dan analisis laporan keuangan terbaru dan terkini diperlukan untuk memberikan gambaran umum bagi manajemen perusahaan untuk mengambil langkah-langkah dan strategi yang efektif dalam menerapkan efisiensi di setiap lini bisnis untuk mencapai tujuan akhir perusahaan.

Melihat peluang kerja di bidang akuntansi yang sangat strategis dan dibutuhkan oleh perusahaan, tidak begitu sulit bagi lulusan jurusan akuntansi untuk mencari pekerjaan di perusahaan, apalagi tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa pengetahuan dasar dapat digunakan dan dikembangkan jika Anda berencana untuk memulai karir sebagai pengusaha dan membuka peluang usaha baru.

Prospek Lulusan Akuntansi

Bagi Anda yang tertarik memasuki jurusan akuntansi atau mahasiswa jurusan akuntansi dapat mendengarkan 3 prospek pekerjaan populer dari jurusan akuntan !!

  1. Auditor

Auditor adalah pekerjaan yang paling umum bagi siswa jurusan akuntansi selain menjadi akuntan. Auditor umumnya memiliki tugas untuk memeriksa kewajaran laporan keuangan. Jenis pekerjaan ini termasuk kategori yang cocok untuk Anda semua yang berpikiran kritis karena Anda semua diharuskan untuk “menemukan” kesalahan dari laporan keuangan. Dalam hal gaji, tingkat pemula berkisar antara 5-7 juta rupiah per bulan, tetapi jika Anda dapat mencapai tingkat rekan rekanan atau mitra, dikatakan bahwa kisaran gaji dapat mencapai 50-100 juta tergantung pada kebijakan perusahaan. Kantor Akuntan Publik (KAP) tempat Anda bekerja.

  1. Konsultan bisnis / manajemen

Meskipun seorang mahasiswa jurusan akuntansi identik dengan laporan keuangan, ternyata mereka juga sangat dibutuhkan di bidang non-keuangan misalnya sebagai konsultan bisnis atau manajemen. Kemampuan mereka untuk menghubungkan aspek keuangan dan non-keuangan adalah kunci untuk kebutuhan siswa akuntansi sebagai konsultan bisnis. Salah satu bentuk aplikasi adalah bahwa konsultan dapat memberikan saran tentang bagaimana operasi perusahaan dapat berjalan secara efektif (non-finansial) dan tanpa memakan banyak biaya (finansial). Kisaran pendapatan tergantung pada jumlah klien dan tingkat per unit waktu yang telah Anda tetapkan.

  1. Analis keuangan

Kemampuan seorang akuntan dalam hal angka dan laporan keuangan tentunya tidak perlu diragukan, sehingga jasa seorang analis keuangan menjadi sangat penting. Jika Anda ingin berurusan dengan pasar modal atau menjadi pialang saham, menjadi analis keuangan adalah langkah pertama yang tepat. Analis keuangan umumnya banyak berurusan dengan rasio keuangan untuk memproyeksikan atau memprediksi kondisi keuangan suatu perusahaan di masa depan. Pekerjaan ini termasuk bergaji tinggi lho, tentu untuk proyek bayarannya bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah tergantung pada skala perusahaan klien Anda.

share