Kamu saat ini sedang bingung untuk memilih jenis dan jalur seleksi masuk kuliah, kamu pilih mana? Jika ini yang sedang kamu risaukan saat ini kami akan membantu kamu untuk mengetahui pilihan mana yang terbaik.

Kamu pasti masih bingung untuk masuk ke perguruan tinggi negeri atau PTN jalur seleksinya bagaimana? Atau jika kamu tidak lolos masuk ke PTN, bagaimana jalur seleksi masuk ke PTS? Dan ketika kamu membaca tulisan ini sampai selesai kamu akan bisa menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Berikut ini adalah Jenis dan Jalur Seleksi Masuk Kuliah PTN dan PTS yang bisa kamu ikuti setelah lulus SMA.

Jenis Dan Jalur Seleksi Perguruan Tinggi Negeri PTN

SNMPTN

Jalur seleksi perguruan tinggi negeri satu ini dikhususkan untuk kamu yang memiliki prestasi akademis yang baik saat di bangku SMA. Jika kamu merasa kamu memiliki prestasi yang bagus dari kelas 10 sampai 12 SMA kamu bisa direkomendasikan sekolah atau meminta ke pihak sekolah untuk mengikuti pendaftaran SNMPTN ke PTN favorit yang kamu inginkan.

SBMPTN

Jika kamu tidak memiliki prestasi yang cukup baik di SMA, kamu bisa mencoba mengikuti jalur seleksi masuk ke PTN dengan jalur SBMPTN. Tetapi jika melalui jalur ini, kamu akan dipertimbangkan dari nilai raport dan nilai ujian nasional, tidak perlu memiliki prestasi akademis. Jadi pastikan kamu memiliki nilai yang bagus sejak duduk dibangku SMA sampai lulus dan bisa mengerjakan ujian SBMPTN dengan baik.

Jalur Mandiri

Selain 2 jalur masuk PTN diatas, kamu masih bisa masuk ke jalur mandiri. Dengan jalur seleksi mandiri ini tentunya biaya pendaftaran dan biaya kuliah bisa lebih mahal dibandingkan dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN, karena mendapatkan subsidi dari pemerintah. Untuk jalur seleksi mandiri ini kamu harus cek jadwal pendaftaran dan ujiannya di PTN yang ingin kamu daftar, karena jadwal antara PTN satu dan yang PTN lainnya akan berbeda-beda untuk seleksi jalur mandiri.

Jenis dan Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Swasta PTS

Jika kamu sudah mencoba seleksi masuk PTN tapi tidak diterima, jangan khawatir dan berkecil hari karena masih ada Perguruan Tinggi Swasta yang memiliki kualitas pendidikan yang sama dengan Perguruan tinggi negeri.

Untuk jenis dan jalur seleksi masuk kuliah PTN, kamu bisa melalu beberapa jalur seperti :

1. Jalur PMDK

Dengan mengikuti jalur seleksi PMDK artinya kamu mendaftarkan diri ke PTS berdasarkan penelusuran minat dan kemampuan tanpa adanya tes tertulis dari pihak PTS. Karena di jalur ini dikhususkan untuk siswa SMA yang memiliki prestasi.

2. Jalur Ujian Tertulis

Jika kamu tidak berprestasi, kamu bisa masuk ke perguruan tinggi swasta dengan mengikuti jalur ujian tertulis. Kamu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu ke jalur ujian tertulis ini, sehingga kamu akan mendapatkan jadwal untuk tes dan lokasi tempat tes seleksi akan dilangsungkan.

3. Jalur One Day Service

Jika kamu tidak ingin melalui tahapan seleksi masuk ke perguruan tinggi swasta yang ribet dan memakan waktu, maka solusinya kamu bisa menggunakan jalur one day service. Dimana dengan jalur ini kamu bisa mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru, melakukan ujian dan mendapatkan hasil ujian apakah lolos seleksi atau tidak di hari yang sama pada saat pendaftaran.

4. Jalur UMB-PTS

Terakhir ada jalur UMB-PTS yang merupakan tahapan seleksi yang diadakan oleh beberapa PTS secara serentak dengan cara tes tertulis. Tapi tidak semua perguruan tinggi swasta menerapkan jalur masuk menggunakan jalur ini.

share