Buat kamu yang akan meneruskan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi seperti kuliah, Pasti menginginkan kampus atau universitas yang terbaik bukan? Di Indonesia sendiri banyak universitas yang memiliki akreditasi A dengan kualitas bagus dan bahkan masuk ke dalam peringkat beberapa universitas-universitas di dunia. Meskipun universitas di Indonesia tak sebagus universitas luar negri terutama universitas di Negara maju, Namun universitas di dalam negri tetap bisa di jadikan pertimbangan untuk melanjutkan pendidikanmu.

Jika kamu memiliki kepintaran di atas rata-rata dan memiliki segudang prestasi, Maka kamu bisa memilih untuk melanjutkan ke universitas unggulan di dunia dengan jalur beasiswa. Tentunya untuk mendapatkan beasiswa di universitas unggulan di dunia tidaklah mudah. Kamu harus bersaing dengan banyak anak-anak di seluruh dunia dari seluruh Negara untuk memperebutkan kursi beasiswa tersebut.

Ada banyak syarat yang harus di penuhi jika ingin mendapatkan beasiswa, Selain nilai yang bagus dan memiliki segudang prestasi kamu juga wajib memberikan motivation letter ke Universitas yang kamu tuju. Apa itu motivation letter? Mengapa harus menggunakan motivation letter? Mungkin bagi sebagian dari anda ada yang masih asing dengan kata motivation letter ini, Bahkan mungkin baru kali ini mendengarnya.

Apa yang Dimaksud Motivation Letter?

Motivation letter adalah sebuah surat yang di tujukan ke universitas oleh calon mahasiswa yang akan mendaftar ke universitas tersebut dengan jalur beasiswa. Motivation letter ini layaknya surat lamaran kerja, Namun tentunya isinya berbeda dengan surat lamaran pekerjaan. Dalam motivation letter ini kamu harus bisa memperkenalkan dirimu dengan baik dan menarik sehingga bisa menjadi point penting mengapa pihak universitas mau menerimamu masuk ke universitas dengan jalur beasiswa.

Biasanya motivation letter di tulis dalam bahasa inggris, Karena memang universitas yang di tuju adalah universitas di luar negri dan menggunakan bahasa pengantar bahasa inggris untuk komunikasi sehari-hari dalam kegiatan belajar mengajar.

Contoh Struktur Motivation Letter

Adapun contoh motivation letter yang baik dan menarik sehingga di lirik oleh pihak universitas adalah sebagai berikut.

Pembuka

Pembuka merupakan hal yang penting dalam menulis motivation letter, Karena dengan kata pembuka yang menarik maka motivation letter mu bisa di baca hingga selesai sampai penutup. Untuk itu, dalam kata pembuka kamu bisa bercerita tentang apa motivasimu untuk masuk ke perguruan tinggi tersebut dan juga jangan lupa ceritakan sedikit tentang kegiatan yang kamu lakukan dan apa prestasimu sehingga kamu layak untuk mendapatkan beasiswa di universitas tersebut.

Isi

Isi merupakan point yang paling penting dalam menulis motivation letter, Isi motivation letter harus jelas dan jangan bertele-tele serta jelaskan tentang dirimu. Mulai dari prestasi yang kamu punya, Baik prestasi di sekolah maupun di luar sekolah. Kemudian sertifikat-sertifikat keahlian jika ada dan masih banyak lagi yang perlu kamu tunjukan ke pihak universitas.

Namun dalam menulis isi motivation letter ini jangan terlalu panjang, Cukup isi yang padat dan jelas serta berisi tentang keunggulan kamu mengapa kamu layak untuk di terima di universitas tersebut.

Penutup

Dalam menulis penutup, Jangan lupa untuk berterimakasih kepada pihak universitas karena telah meluangkan waktunya untuk membaca motivation letter yang kamu kirimkan. Selain itu yakinkan pihak universitas agar kamu bisa di panggil ke dalam tahap berikutnya dan akan membuktikannya sesuai dengan yang ada dalam motivation letter yang kamu tulis.


Berikut Contoh Lampirannya:

 

share