Bagi sebagian anak yang remaja terutama untuk anak yang duduk di bangku SMA kegiatan belajar akan terasa membosankan karena di usia ini kita akan lebih senang dengan kehidupan anak muda bermain dan jalan-jalan bersama teman-teman ataupun menghabiskan waktu di sosial media.

Padahal sebagai seorang pelajar kamu harus menjadi anak yang berprestasi dan pintar di sekolah, sehingga masa depan kamu di bangku SMA ini akan menjadi lebih cerah. Lalu bagaimana solusi dan cara agar belajar tidak boring?

Jika kamu memiliki pertanyaan tersebut, kamu harus mencoba beberapa tips dan cara agar belajar tidak boring yang akan kami jelaskan berikut ini.

1. Dengarkanlah Musik Favorit Saat Belajar

Jika kamu merupakan seorang yang suka mendengarkan musik, coba deh saat kamu belajar kamu lakukan sambil mendengarkan musik. Beradasarkan banyak penelitan yang telah dilakukan, proses belajar sambil mendengarkan musik favorit dapat meningkatkan keefektifan dan prektasi dalam belajar.

Dengan mendengarkan musik otak kita juga akan dirangsang menjadi lebih rileks dan berkonsentrasi dengan apa yang sedang dipelajari. Untuk mendapatkan keefektifan dalam belajar sambil mendengarkan musik, sebaiknya kamu dengarkan musik instrumental, musik klasik atau musik yang santai ataupun juga bisa musik favorit yang kamu sukai.

2. Buatlah Suasana Ruangan Belajar Yang Menyenangkan Dan Nyaman

Cara agar belajar tidak boring selanjutnya adalah dengan membuat suasana ruangan belajar lebih nyaman dan menyenangkan, sehingga ketika kamu belajar di ruangan tersebut bisa menjadi lebih betah berlama-lama. Kamu bisa membuat dekorasi dinding pada ruangan tersebut dengan kata kata motiviasi, gambar yang kamu sukai.

Selain itu kamu juga harus memikirkan tentang ruangan tersebut yang dingin dan memiliki pencahayaan serta aliran ventilasi yang baik. Sehingga saat belajar kamu tidak kepanasan dan saat membaca, menulis lebih jelas serta bisa menghirup udara yang segar yang membuat tubuh menjadi rileks.

3. Membuat Jadwal Belajar Yang Efektif dan Efesien

Kamu harus membuat agenda jadwal belajar harian sendiri dan kamu juga harus belajar di jam yang telah kamu tentukan tersebut. Dengan mengatur jadwal belajar ini, bisa membuat kamu selalu mengerjakan PR atau tugas dari sekolah dengan tepat waktu.

Kamu bisa memilih waktu belajar di malam hari dari jam 7 malam sampai jam 9 malam atau kamu juga bisa memilih waktu belajar di pagi hari sebelum berangkat ke sekolah dengan bangun lebih awal di jam setengah 5 pagi.

4. Nikmati Proses Belajar

Untuk mendapatkan hasil berlajar yang maksimal, kamu harus menikmati proses belajar tersebut dengan sungguh-sungguh. Kamu bisa terapkan midset bahwa jika kamu pintar dalam matematika kamu bisa menjadi anak yang pandai berhitung atau memecahkan semua soal yang berhubungan dengan matematika. Atau kamu sukai pelajaran bahasa inggris agar kamu bisa berteman dengan orang luar negeri dan berkomunikasi dengan mereka lebih lancar.

Dengan menerapkan midset seperti ini secara tidak langsung kamu akan menikmati setiap kamu belajar setiap harinya, dan kamu akan termotivasi untuk selalu bisa memperlajari pelajaran baru dari mata pelajaran yang sedang kamu baca.

5. 5. Cari Metode Belajar Yang Efektif

Cara agar belajar tidak boring yang terakhir ini adalah mencari metode belajar yang efektif. Tentunya belajar dengan waktu 3 jam terus menerus setiap hari akan membuat kita bosan dan jenuh. Untuk cara efektif yang banyak diterapkan oleh pelajar saat ini adalah dengan membuat waktu belajar 3 kali dalam sehari selama 1 jam.

share