Dalam pembahasan kali ini admin mau meneruskan informasi biaya hidup untuk kost mahasiswa, melanjutkan dari pembahasan sebelumnya yaitu Part 1.

Semakin dewasa usia seseorang memang harus semakin pandai dalam menentukan jalan kehidupannya. Salah satunya adalah keputusan untuk merantau di tanah seberang, atau belahan bumi lain yang sudah jelas saja jauh dari tempat tinggal.

Salah satunya salah menjadi anak kost. Sebab seseorang menjadi anak kost bisa saja karena ia kuliah atau kerja. Nah! Ada beberapa kota besar yang mungkin akan kamu singgahi. So, sebelum itu ketahui dulu yuk berapa biaya hidupnya.

1. Kota Bogor

Ingin kuliah atau kerja di kota Bogor? Kamu harus tahu dulu nih berapa biaya hidupnya! Sejatinya Bogor memang salah satu tempat yang jauh dari kota Jakarta. Akan tetapi, biaya hidupnya juga tidak terbilang murah atau mahal-mahal amat.

Misalkan mau ngekost, harganya sangat bervariasi. Kaku bisa siapkan kocek mulai dari Rap 700.000an hingga RP 1.000.000 an. Di samping itu, ketambahan biaya makan yang sebulan kira-kira RP 1.500.000 kamu bisa hitung sendiri berapa kocek yang harus disiapkan, bukan?

2. Kota Semarang

Selain Bogor, mungkin saja kamu ingin ngekost di kota Semarang? Bisa jadi kamu akan menemukan tempat tinggal yang sangat murah. Nah! Kalau dibandingkan dengan Bogor, jelas saja biaya hidup di Semarang jauh lebih murah.

Mengapa? Pastinya karena tergantung UMKnya juga. Untuk biaya kost kamu bisa siapkan kocek kisaran RP 300.000 – RP 500.000. Selain itu, uang makannya dalam waktu sebulan bisa kamu siapkan hanya RP 900.000an saja. Murah banget, kan?

3. Kota Yogya

Mau jadi bagian dari arek Jogja? Nah! Atau mau kuliah di Yogya? Perlu kamu tahu, lagi-lagi saat membandingkan biaya kost di kota besar ini akan jauh lebih rendah dari kedua kota di atasnya. Jelas saja.

Untuk keperluan ngekos kamu hanya perlu menyiapkan uang kisaran 100 ribuan saja hingga 250 ribuan untuk kost daerah pinggiran kota. Bahkan untuk makanannya harganya kamu bisa siapkan kocek seharga uang makan di kota Semarang. Murah banget, ya,m

4. Kota Malang

Selain kota-kota di atas, mungkin saja kamu tertarik dengan kota Malang sebagai salah satu tujuan merantau? Nah! Kalau biaya hidup di kota Malang juga sebenarnya terbilang standar-standar aja. Belum semahal kota Jakarta malahan.

Untuk biaya kost kamu bisa sedia kocek mulai dari RP 500.000 – RP 1.500.000. Biaya kost di sini bisa dibayarkan perbulan dan umumnya harga-harga segini bisa kamu dapatkan di dekat kampus. Sementara itu, untuk makannya sendiri masih seharga makan di Semarang dan Yogya.

5. Kota Surakarta

Terlepas dari bahasan kota di atas, mungkin saja kamu ingin kota lainnya yang jauh lebih murah? Kami merekomendasikan Surakarta. Biaya hidup di kota ini terbilang sangat terjangkau, bahkan bisa dipastikan kamu bisa menabung!

Untuk biaya kost paling-paling kamu hanya perlu menyiapkan dana kisaran 300-1jutaan saja dan dibayarkan perbulan. Sementara itu, untuk biaya makannya murah banget, lho! Di Surakarta harga 5000 sudah bisa mendapatkan makanan enak dan mengenyangkan.

6. Kota Medan

Terlepas dari kota-kota di atas, mungkin saja kamu memerlukan tantangan yang lebih ekstrim dengan pergi ke kota di luar Jawa? Maka salah satu rekomendasinya adalah Medan. Kota Medan bisa dibilang sebagai salah satu kota besar.

Nah! Biaya hidup di Medan terkait kostnya bisa kamu siapkan budget antara RP 300.000 – RP 600.000 saja. Selain itu, kamu juga bisa siapkan dana untuk makan kisaran RP 350.000 – RP 500.000 dalam waktu sebulan, tapi hanya 2x makan. Jika ingin 3x makan maka lebih mahal.

 

 

share