Masuk kampus favorit memang sering kali jauh dari tempat tinggal. Mengharuskan kita harus ngekos dan tentunya hidup mandiri. Jauh dari keluarga membuat kita harus pandai memanajemen pengeluaran.

Oleh karenanya, biaya hidup anak kos tiap daerah juga beda-beda. Kadar kemahalan dan seberapa besar uang yang dikeluarkan juga berbeda. Nah! Di bawah ini adalah biaya hidup anak kos di 12 kota besar Indonesia yang harus kamu ketahui!

1. Kota Jakarta

Siapa sih yang tidak mengenal Jakarta? Sebutan dari kota Metropolitan, kota keras, dan Ibu kota Indonesia ini ternyata memiliki biaya hidup yang mahal, lho! Buat kamu yang baru ngekos di wilayah Jakarta, baiknya pikir-pikir dulu, deh!

Memang sih biaya hidup hang besar juga dipengaruhi oleh besaran UMR daerahnya. Tetapi, untuk ukuran anak kos? Aduh! Tanggal tua aja bingung mau makan apa. Ada pun tingkat kemahalan dari kota metropolitan ini juga dipengaruhi oleh sempitnya lahan.

Baik transportasi maupun biaya makannya juga terbilang lumayan tinggi. Misalkan kamu ngampus di kota metropolitan ini, paling tidak mencari lokasi yang strategis bisa menghisap dana kisaran RP 1.000.000 – RP 1.700.000-an.

Belum lagi dihitung sama biaya keperluan sehari-hari yang termasuk makan, transportasi, kebutuhan dadakan, dan lain sebagainya. Paling tidak kalau kamu tinggal di kota ini sedia dana hingga RP 5.000.000 an deh biar tidak paceklik.

2. Kota Surabaya

Arek Suroboyo mungkin sudah tidak kaget lagi dengan biaya hidup yang tergolong tinggi. Nah! Pada akhirnya bagaimana dengan perantau yang berasal dari kota kecil? Pasti kaget melihat biaya hidup yang cukup tinggi.

Surabaya merupakan kota industri yang terkenal sebagai sebutan kota terbesar nomor 2 di Indonesia. Untuk bahasan biaya hidup di kosnya tidak beda jauh dengan kota Jakarta. Paling tidak dalam waktu sebulan kamu butuh dana hingga 5 juta.

3. Kota Makassar

Deretan kota besar berikutnya ditempati oleh Makassar. Makassar sebenarnya tergolong kota metropolitan jika dilihat dari segi infrastruktur dan pembangunannya. Biaya hidup anak kost di Makassar juga termasuk tidak murah.

Maka dari itu, kamu bisa mulai siapkan dana hingga RP 6 jutaan untuk tetap bertahan hidup anti paceklik. Terkait kota-kota besar ini, lumrah saja jika harganya terbilang mahal, ya. Sebab lahannya sangat sedikit dan yang tersedia hanya gedung-gedung saja.

4. Kota Pekanbaru

Selain kota-kota yang sudah kami sebutkan di atas, Pekanbaru juga menjadi salah satu kota besar di Indonesia. Biaya hidup di kota ini terbilang tidak murah, terlebih saat mengingat Pekanbaru menjadi kota kultietnik dagang di Indonesia.

Jika melihat dari biaya hidup anak kost di kota ini, tidak jauh berbeda dengan kota-kota yang sudah kaki sebutkan sebelumnya. Walau baru menjadi salah satu kota yang berkembang pesat karena aneka ragam sosialnya benar-benar dikembangkan untuk kesejahteraan rakyat.

5. Kota Bandung

Kota besar dan termasuk metropolitan yang ada di Indonesia adalah kota Bandung. Bandung dikenal dengan kampus ITB dan IPBnya. Nah! Mungkin saja kamu tertarik ke kota ini karena tujuan kuliah.

Tetapi, omong-omong berapa sih biaya hidup anak kost di kota ini? Dengan ukuran kost standar, kamu bisa mulai membayar RP 600.000an. Sementara itu, untuk biaya makannya sendiri misalkan sehari makan 2x, kamu bisa siapkan dana RP 600.000an saja.

6. Kota Palembang

Ngekos di pulau Jawa bisa jadi memang sudah biasa. Oleh karenanya, kamu butuh circle lain yang lebih menantang. Seperti Palembang, misalnya? Biaya hidup keseluruhan di kota ini.terbilang terjangkau, yakni kisaran RP 3.000.000 an saja.

Lanjut ke Part 2

 

share