Perkembangan industri saat ini semakin pesat. Kebutuhan sumber daya dari berbagai bidang akademik juga memberikan kesempatan bagi banyak lulusan. Hal ini juga yang menjadi dasar sebagian besar calon mahasiswa mulai mempertimbangkan jurusan yang akan memberikan prospek karir lebih baik. Semakin banyak kebutuhan sumber daya dari bidang itu maka pilihan jurusan biasanya semakin populer.

Selain itu, hal ini juga akan mempengaruhi kualitas dari masing-masing bidang akademik. Apalagi persaingan dari setiap jurusan akan semakin ketat dan hanya yang terbaik yang diterima. Kondisi ini juga akan didukung dengan persaingan kualitas dari banyak universitas melalui sistem pembelajaran, kurikulum hingga fasilitas yang diberikan. Cobalah untuk mempertimbangkan berbagai rekomendasi dari jurusan paling dibutuhkan industri 10 tahun kedepan.

 

8 rekomendasi jurusan paling dibutuhkan industri 10 tahun kedepan

Masing-masing jurusan memang memiliki karakter lingkungan yang berbeda. Tentu saja metode pembelajaran hingga kurikulum akan disesuaikan dengan kebutuhan industri. Ini yang membuat kamu semakin mudah untuk melanjutkan potensi dengan masuk ke dunia professional. Hal yang paling penting tentu saja setiap bidang jurusan ini juga akan dihadapkan dengan persaingan individu yang cukup ketat. Kondisi seperti ini yang membuat kamu harus terus meningkatkan potensi akademik menjadi lebih maksimal. Berikut ini ada 8 jurusan paling dibutuhkan industri 10 tahun kedepan yang wajib kamu pertimbangkan seperti:

  1. Kedokteran

Ini merupakan salah satu dari jurusan paling dibutuhkan industri 10 tahun kedepan. Bahkan, jurusan ini juga dianggap sangat populer untuk waktu yang cukup lama. Perkembangan industri kesehatan juga mempengaruhi kebutuhan dari sumber daya yang ikut terlibat didalamnya. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan jumlah tenaga kesehatan seperti dokter yang memang terus bertambah. Belum lagi jumlah rumah sakit yang dianggap sangat dibutuhkan untuk berbagai wilayah di Indonesia. Hal ini membuat kamu memiliki kesempatan bertumbuh bersama dengan industri kesehatan melalui profesi dokter. Namun, kamu juga harus ingat bahwa untuk menempuh pendidikan di jurusan ini membutuhkan biaya yang cukup mahal. Bahkan, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan studi dokter dianggap cukup lama.

  1. Akuntansi

Jurusan lain yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan industri tentu saja akuntansi. Ini merupakan jurusan yang mempengaruhi finansial dalam perusahaan skala kecil maupun besar. Bahkan, pengaturan keuangan hingga finansial yang ada di perusahaan biasanya bergantung pada hasil laporan akuntan. Kondisi ini yang membuat banyak perusahaan saat ini mulai membutuhkan lulusan akuntansi yang sangat kredibel. Biasanya pengetahuan tentang pengelolaan keuangan secara menyeluruh menjadi hal yang penting dipertimbangkan bagi banyak perusahaan. Selain itu, kamu juga harus memiliki sertifikasi khusus sebagai akuntan untuk mendapatkan peluang kerja dan karir yang lebih baik dalam bidang ini. Cobalah untuk memilih kampus dengan kualitas yang sangat baik.

  1. Manajemen

Rekomendasi lain dari jurusan paling dibutuhkan industri 10 tahun kedepan yang patut dipertimbangkan tentu saja manajemen. Jurusan ini sangat dibutuhkan perusahan di berbagai bidang. Biasanya perusahaan skala nasional yang sangat besar juga menerakan sistem management trainee yang melibatkan langsung sistem manajemen sesuai kebutuhan. Ini menjadi peluang besar bagi kamu untuk terus mengembangkan potensi manajemen sesuai dengan metode pembelajaran yang diterapkan di kampus. Kamu juga harus ingat bahwa lulusan manajemen setiap tahun terus meningkat. Ini membuat potensi persaingan di dalam industri juga semakin ketat untuk lulusan ini. Kondisi seperti ini akan menjadi tantangan besar bagi kamu untuk terus meningkatkan kemampuan dalam manajerial yang lebih modern dan efisien.

  1. Farmasi

Sebenarnya popularitas jurusan ini terus meningkat karena memasuki masa pandemi seperti saat ini. Jurusan ini berkaitan langsung dengan seluruh industri obat-obatan. Kebutuhan terhadap produk farmasi saat ini terus meningkat. Hal ini disebabkan karena peningkatan pengetahuan masyarakat umum tentang berbagai jenis dari produk farmasi yang dipersiapkan untuk menghadapi berbagai kemungkinan terburuk. Selain itu, produksi produk yang melibatkan bidang farmasi juga terus meningkat setiap waktu. Kondisi ini membuat lulusan farmasi memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan peningkatan karir yang lebih baik. Tentu saja kamu juga harus mempertimbangkan kualitas dari universitas yang menyediakan jurusan ini. Pastikan juga bahwa potensi akademik kamu terus meningkat.

  1. Teknik Informatika

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat jurusan ini semakin diminati. Bahkan, jaringan internet yang semakin meluas juga mempengaruhi minat dari jurusan ini. Apalagi saat ini sudah banyak layanan teknologi yang sudah menjadi kebutuhan hidup dari banyak orang. Kondisi seperti ini yang membuat jurusan ini terus mengalami peningkatan dalam 10 tahun kedepan. Selain itu, industri yang bergerak dalam bidang teknologi informasi juga akan semakin berkembang. Ini membuat peluang kamu mendapatkan pekerjaan yang lebih baik juga akan terbuka lebar. Namun, kamu juga harus ingat bahwa industri dalam bidang ini memiliki persaingan yang sangat ketat. Hanya personal yang memiliki kemampuan terbaik akan diterima di perusahaan besar.

  1. Teknik Industri

Pilihan lain dari jurusan yang sangat dibutuhkan dalam waktu 10 tahun kedepan tentu saja teknik industri. Hal ini dilatarbelakangi dengan perkembangan berbagai industri. Bahkan, saat ini pemerintah juga sudah memudahkan investasi dari banyak industri yang memudahkan perusahaan terus melakukan ekspansi. Semakin pesat perkembangan industri dalam berbagai bidang akan memberikan peluang yang cukup besar bagi lulusan jurusan ini. Selain itu, Indonesia juga memiliki beberapa kawasan industri yang memberikan pengaruh terhadap perekonomian nasional. Kamu juga bisa ikut ambil bagian dalam pengembangan industri ini setelah lulus. Pastikan bahwa kamu memiliki skill sesuai dengan bidang industri dan juga sudah mendapatkan berbagai sertifikasi keahlian.

  1. Ilmu Komunikasi

Jurusan lain yang bisa memberikan prospek karir lebih baik melalui Ilmu Komunikasi. Hal ini karena perkembangan dunia digital media sudah menjadi industri yang sangat pesat. Bahkan, kemudahan akses melalui internet juga mempengaruhi konsumsi konten digital media oleh masyarakat luas. Kondisi seperti ini yang membuat kamu akan semakin mudah untuk masuk ke dalam industri media melalui jurusan Ilmu Komunikasi. Namun, perlu diingat bahwa jurusan ini membutuhkan tingkat kreatifitas yang sangat baik. Selain itu, kamu juga dituntut memiliki kemampuan lain yang akan mendukung produksi konten digital. Cobalah untuk memilih kampus dengan fasilitas terbaik untuk jurusan ini.

  1. Statistik

Jurusan seperti ini memang sedang populer bagi beberapa kalangan. Apalagi kemunculan banyak startup mempengaruhi kebutuhan dari lulusan statistik untuk mendapatkan rincian data yang lebih baik. Lulusan jurusan ini berpeluang menjadi data scientist atau analis data yang akan mengetahui secara rinci perubahan dalam pola pasar yang akan dibentuk. Kesempatan berkarir untuk jurusan ini terbuka lebar pada berbagai bidang. Bila kamu memiliki kemampuan analis data yang sangat baik maka akan membuat pontesi karir semakin baik. Khususnya untuk perusahaan rintisan atau startup.

share