Berikut ini beberapa tips menjadi mahasiswa baru. Tips ini mungkin berguna saat kamu baru saja menyandang gelar sebagai mahasiswa baru. Sebagai mahasiswa baru mungkin saja belum semua hal kamu ketahui. Makanya perlu tips khusus agar dalam proses belajar di kampus bisa sukses.

Tips Menjadi Mahasiswa Baru

1. Tips Menjadi Mahasiswa Baru : Percaya Diri

Tips pertama menjadi mahasiswa baru adalah percaya diri. Jangan minder dilingkungan kampus baru, jangan malu ketemu dan kenalan dengan teman teman baru dan percaya diri kamu pasti bisa menyesuaikan diri di kampus dan mengikuti materi kuliah yang dosen ajarkan. Dengan rasa percaya diri, akan memudahkan kamu sebagai mahasiswa baru mengikuti semua aturan kampus dan berhasil dalam menempuh pendidikan nantinya.

2. Tips Menjadi Mahasiswa Baru : Persiapkan segala Kebutuhan

Tips kedua menjadi mahasiswa baru adalah persiapkan kebutuhan yang kamu butuhkan nantinya untuk mengikuti kuliah. Termasuk fasilitas utama seperti buku, komputer atau laptop, dan fasilitas lain seperti kendaraan untuk menuju ke kampus, kosan jika kamu dari luar kota, hingga persiapkan kebutuhan untuk hidup selama kamu menuntut ilmu di kampus. Dengan fasilitas lengkap kamu akan mudah melakukan berbagai hal sebagai mahasiswa baru.

3. Tips Menjadi Mahasiswa Baru : Gunakan skill komunikasi dengan Baik

Karena kamu baru saja jadi mahasiswa tentunya ada banyak hal yang belum kamu ketahui mengenai kampus kamu. Juga mungkin belum banyak teman atau kenalan. Makanya kamu perlu menggunakan skill komunikasi kamu dengan baik agar mudah bergaul dengan teman baru. Keterampilan komunikasi akan memudahkan mendapatkan informasi seputar kampus yang kamu butuhkan dan yang belum kamu tahu. Juga memudahkan kamu menambah teman.

4. Tips Menjadi Mahasiswa Baru : Cepat Adaptasi

Kalau kamu cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan kampus. Maka kamu akan lebih cepat merasa nyaman di dalam kampus barumu. Sehingga kamu juga akan menikmati proses belajar di kampus yang akan berdampak baik terhadap hasil nilai kamu nantinya.

5. Tips Menjadi Mahasiswa Baru : Belajar Mandiri

Dunia kampus beda dengan dunia sekolah. Saat sekolah kamu mungkin masih diarahkan dan masih minta bantuan orang lain dengan mudah. Tapi di kampus, sebagai mahasiswa baru kamu harus mandiri. Mulai dari mengatur jadwal jam kuliah sendiri, memilih kelas sendiri dan menggunakan metode belajar sendiri. Dunia kampus memang menuntut mahasiswa untuk bisa mandiri dalam belajarnya. Jadi buang sikap selalu bergantung apalagi manja. Karena dunia kampus bukan lagi masa masa sekolah.

 6. Tips Menjadi Mahasiswa Baru : Manajemen Waktu dengan Baik

Tips menjadi mahasiswa baru selanjutnya adalah memanajemen waktu dengan baik. Pastikan kamu mengelola waktu dengan tepat. Aturlah kapan saat belajar dan kapan saat bermain. Wajib masuk kelas setiap ada jadwal kuliah, jangan menunda mengerjakan tugas. Dengan memanajemen waktu, maka kamu sebagai mahasiswa baru akan lebih mudah mengelola kehidupan kamu saat kuliah. Selain membentuk kedisiplinan, manajemen waktu juga membuat kamu sukses.

7. Tips Menjadi Mahasiswa Baru : Hemat

Kalau kamu kuliah diluar kota, tentunya tak sedikit biaya pendidikan kamu. Jadi kamu harus belajar hemat sejak jadi mahasiswa baru. Apalagi kalau ngekos. Maka kamu harus benar benar memikirkan segalanya. Pastikan atur keuangan kamu dengan tepat. Jangan terlalu boros meski juga tidak perlu menjadi pelit. Kamu hanya butuh mengelola keuangan saat kuliah.

 

share