Jalan-jalan ke luar negeri pastinya sesuatu yang mengasyikan, ya! Akan tetapi, sangat tidak asyik lagi saat kita tidak bisa berkomunikasi bahasa asing. Terlebih saat kita ingat bahwa di luar negeri tidak hanya sekedar berkunjung saja. Ada yang mau bekerja, ada pula yang mau kuliah.

Nah! Buat kamu nih yang udah ada rencana mau lanjut studi di luar negeri atau kerja di luar negeri tapi terkendala bahasa asing (Inggris), kamu bisa mengukurnya dengan TOEFL. Sudah ikut TOEFL tapi nilainya gitu-gitu aja? Inilah tips meningkatnya!

1. Kuatkan Niat

Percaya tidak percaya, segala sesuatu dilandasi dengan niat. Seperti halnya kamu yang mau lanjut studi ke luar negri, tentu harus niat dulu dari lubuk hati yang paling dalam. Tentunya kalau diri sudah beritikad bulat ingin ke luar negri, kamu bisa menjadikannya motivasi.

Misal nih! Kamu sedang semangat-semangatnya belajar TOEFL, ikut tes simulas sana-sini tetapi hasilnya tetap membuat down. Namun, kalau kamu sebenarnya tidak down karena niat yang besar ini, selamat! Keberhasilan ada di depan mata.

2. Perhatikan Cara Belajar

Sukses TOEFL memang tidak cukup hanya dengan dilandaskan niat saja. Paling tidak kamu mengenal bagaimana cara belajar yang cocok. Seperti yang kita ketahui, setiap orang kan memiliki cara belajarnya sendiri-sendiri.

Misalnya, kamu tipe orang yang lebih mudah memahami materi ketika suasana hening. Atau mungkin kamu adalah tipe orang yang mudah belajar dengan cara meringkas. Nah! Cara belajar yang seperti ini harus benar-benar diperhatikan sehingga kedepannya bisa dipertahankan.

3. Belajar Kosa Kata

Kalau dipikir secara logika, bagaimana mau mahir belajar bahasa asing kalau tidak tahu makna kosa katanya. Betul? Maka dari itu, jika kamu ingin menguasai bahasa asing, kami sarankan untuk memperkaya kosa kata.

Memperkaya kosa kata bisa kaku mulai dari membaca kamus setiap harinya, menulis kosa kata asing dan maknanya di tempat-tempat yang mudah terlihat, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menggunakan metode flash card untuk menghafal kosa kata.

4.  Kenali Format Soal

Tahukah kamu? Salah satu faktor yang membuat kamu menjadi gagal dalam ikut TOEFL karena asing dengan format soal yang dijumpai. Hal ini sudah cukup membuktikan bahwa persiapan yang kamu gunakan selama ini masih kurang matang.

Oleh karena itu, sangat penting buat kamu jika ingin sukses TOEFL harus banyak-banyak berlatih soal TOEFL. Soal TOEFL bisa dijumpai di google atau terkadang ada pula orang yang menyediakan TOEFL gratis. Jika sudah terbiasa, kamu pun tidak asing saat tes TOEFL betulan.

5. Rutin Berlatih

Selain mengenali format soal TOEFL, kamu juga bisa mendongkrak nilai dengan cara rajin berlatih soal TOEFL. Saat kamu rajin berlatih soal TOEFL, maka pastinya saat ujian betulan kamu sudah merasa terbiasa. Terlebih jika soal yang sudah pernah kamu kerjakan justru keluar.

6. Ikut Bimbingan Belajar

Kalau mau ikut TOEFL, sebenarnya ada bimbingan belajarnya. Belajar secara otodidak memang tidak menutup kemungkinan akan berhasil. Tetapi, belajar secara teratur dengan menggunakan arahan dari tutor terpercaya juga sangat membantu, lho!

7. Persiapan yang Baik Menjelang Ujian

Sistem yang sudah terkenal di kalangan anak-anak Indonesia adalah belajar dengan cara sistem kebut semalam. Padahal apa? Hal seperti ini tuh tidak baik, guys. Kamu bukannya mendapat asupan materi lebih, yang ada malah ngantuk.

Oleh karena itu, kami menyarankan supaya kamu belajar setiap hari meskipun sedikit. Hal ini sebenarnya tidak menjadi masalah. Karena saat H-1 ujian tes TOEFL akan dilaksanakan kamu bisa menenangkan diri dan istirahat yang cukup.

 

share