5 Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli5 Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli – Penelitian adalah suatu kegiatan atau proses sitstematis yang dilakukan untuk memecahkan suatu masalah dengan menerapkan metode ilmiah, sehingga dalam pembahasan penelitian sebaiknya kita pahami dulu apa yang menjadi hakikat dari sebuah penelitian. ditinjau dari tujuan semua usaha ilmiah maka tujuan tersebut adalah menjelaskan atau memprediksi dan atau mengatol suatu fenomena atau peristiwa yang terjadi. Tujuan ini didasarkan pada asumsi bahwa semua perilaku dan kejadian adalah beraturan dan bahwa semua akbiat mempunyai penyebab yang dapat diketahui. Dibawah ini akan kami jelaskan lima orang peneliti handal yang akan memberikan penjelasan mengenai pengertian penelitian berikut penjelasanya.

5 Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli :

Donald Ary (1982): Menurut Donald Ary, pengertian penelitian adalah penerapan pendekatan ilmiah pada pengkajian suatu masalah untuk memperoleh informasi yang berguna dan dapat dipertanggungjawabkan.
Hill Way: Menurut Hill Way, pengertian penelitian adalah suatu metode studi yang bersifat hati-hati dan mendalam dari segala bentuk fakta yang dapat dipercaya atas masalah tertentu guna membuat pemecahan masalah tersebut.
Winarno Surachmand: Pengertian penelitian menurut Winarno Surachamnd adalah kegiatan ilmiah mengumpulkan pengetahuan baru yang bersumber dari primer-primer, dengan tekanan tujuan pada penemuan prinsip-prinsip umu, serta mengadakan ramalan generalisasi di luar sampel yang diselidiki
Soetrisno Hadi: Menurut Soetrisno hadi bahwa pengertian penelitian adalah usaha untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan, usaha mana dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah.
Menurut Prof.Dr.Emzir, M.Pd Bahwa metode ilmiah adalah merupakan suatu proses yang sangat beraturan serta memerlukan sejumlah langkah yang berurutan diataranya : peneganalan dan pendefenisian masalah, perumusan hipotesis, pengumpulan data, analisis data, dan pernyataan kesimpulan mengenai diterima atau ditolaknya sebuah hipotesis.
Demikian artikel tentang 5 Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli semoga bermanfaat dan menjadi tambahan referensi buat kita serta bisa menjadi langkah awal yang baik sebelum melakukan sebuah penelitian. Konsep dasar meneliti adalah bagaimana kita bisa bekerja dengan cara-cara peneliti handal tersebut, terima kasih
share