Bagi yang masih berstatus pelajar dan mahasiswa biasanya akhir bulan adalah hal yang tidak disukai. Salah satu penyebabnya bisa jadi karena uang bulanan yang dimiliki tinggal sedikit atau malah sudah habis.

Lalu bagaimana cara mengatasi agar akhir bulan tidak bokek. Berikut akan kami berikan 4 cara menyusun anggaran bulanan bagi pelajar dan mahasiswa.

1. Membuat anggaran keuangan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu dengan membuat anggaran keuangan bagi pelajar dan mahasiswa. Ini dikarenakan dalam satu bulan biasanya akan ada banyak sekali pengeluaran yang harus dipenuhi.

Sehingga jika kamu tidak bisa mengelola keuangan sendiri maka kamu akan kehabisan uang bulanan sebelum akhir bulan. Disitulah pentingnya kenapa kamu harus membuat anggaran keuangan setiap bulannya.

Adapun beberapa langkah saat kamu harus menyusun anggaran bulanan yaitu :

  • Membuat daftar pemasukan

Disaat menjelang akhir bulan sebaiknya kamu mencatat dari mana saja pemasukan yang akan kamu peroleh bulan depan. Catat dengan teliti dan sedetail mungkin. Tulis sumber pemasukan, misal dari orang tua, kerja sambilan dan lain-lain.

  • Hitunglah pengeluaran bulan depan

Disini kamu juga harus bisa mengenali mengenai harga yang ditetapkan diwilayah sekolahmu. Karena biasanya akan berbeda disetiap wilayah. Contohnya untuk memfotokopi, membeli buku, membeli baju dan lain-lain.

2. Mempunyai catatan keuangan

Langkah berikutnya yaitu kamu harus benar-benar mencatat semua pemasukan dan pengeluaran kamu. Dengan begitu diharapkan kamu akan mengetahui dengan jelas berapa uang yang kamu pegang.

Karena terkadang kita tidak menyadari telah menggunakan uang untuk membeli barang yang sebenarnya kurang dibutuhkan. Sehingga dengan membuat catatan pengeluaran, maka kamu bisa menganalisis kebiasaan belanja kamu yang kurang bermanfaat.

3. Lakukan penyesuaian

Jadi disini kamu sudah bisa mengira-ngira berapa pemasukan yang akan kamu terima sekaligus pengeluaran yang akan terjadi sesuaikanlah pemasukan dan pengeluaran, dan jika pengeluaran lebih banyak maka kamu bisa memikirkan solusinya.

Misalnya dengan mencari kerja sampingan lain ataupun menambah jam kerja agar pengeluaran bisa tertutup. Selain itu kamu juga harus mengetahui kebutuhan mana yang penting dan bisa ditunda.

Dan bagi seorang mahasiswa yang mungkin sudah memiliki kartu kredit, maka selain harus menggunakannya dengan bijak juga harus memikirkan untuk menyelesaikan tagihan jika ada.

4. Prioritaskan menabung dan berinvestasi

kami juga sudah menjelaskan diatas bahwa bagi kamu para pelajar maupun mahasiswa juga harus mendisiplinkan diri agar bisa berinvestasi ataupun menabung  uang yang dimilikinya.

Meskipun tentu saja pada awalnya merasa susah dan kesulitan saat baru melakukannya. Namun yang harus kamu selalu ingat bahwa tabungan yang kamu miliki akan bisa membantu disaat kamu membutuhkan nya.

Dan selain dengan menabung, kamu juga bisa melakukan investasi. Tak ada salahnya belajar berinvestasi ketika masih sekolah/kuliah. Mualiah berinvestasi dari hal-hal yang kecil, misal dengan investasi emas.

Jika ingin melakukan investasi sebaiknya juga harus mengenali dan memahami terlebih dahulu investasi apa yang sebaiknya diikuti.

Tentukan investasi berdasarkan kebutuhan serta besarnya modal yang kamu miliki. Nantinya investasi ini akan diperlukan jika ingin membiayai hal-hal yang bersifat penting.

Dan jika kamu sudah membuat anggaran-anggaran diatas sebaiknya kamu belajar untuk mematuhinya. Dan jika kamu tidak mematuhinya maka akan sia-sia saja dan kamu hanya bisa tahu uangmu habis sebelum akhir bulan tanpa tahu untuk apa saja digunakan. Semoga bermanfaat.

 

share