Kehidupan kampus dan di sekolah bisa jadi sangat jauh berbeda. Sehingga mahasiswa baru harus beradaptasi. Di kampus baru, anda mungkin akan menemukan berbagai hal baru yang sama sekali berbeda dari sekolah anda dulu.

Seperti misalnya, sistem belajar, dosen, teman teman hingga lingkungan yang sama sekali baru. Menghadapi hal ini, tentunya anda sebagai mahasiswa baru harus menyesuaikan diri agar bisa mengikuti pola kehidupan kampus yang berbeda dari kehidupan anda sebelumnya.

Anda harus sebisanya mengikuti sistem kampus demi kesuksesan anda nantinya dalam menempuh pendidikan. Anda harus rajin belajar, masuk kelas dan mengerjakan tuga tugas yang diberikan dosen sehingga mendapatkan nilai terbaik. Jangan lupakan juga belajar bagaimana bergaul dan bersosialisasi dengan baik di kampus. Meski bukan utama, tapi percayalah. Banyak teman di kampus akan berguna setelah lulus.

Lalu, bagaimana caranya agar mahasiswa baru bisa menyesuaikan diri dengan kehidupan barunya di kampus? pertanyaan ini mungkin ada dibenak kebanyakan mahasiswa baru dan ini wajar.

Untuk menjawabnya, hal yang perlu dilakukan adalah memanajemen waktu. Alasanya, dengan memanajemen waktu, anda artinya bisa mengendalikan waktu anda dengan sebaik baiknya. Termasuk bisa mengatur kapan waktunya belajar, mengerjakan tugas, dan anda bisa mengatur kegiatan lain seperti mengikuti kegiatan diluar kampus dan bersosialisasi dengan teman.

Cara Memanajemen Waktu Bagi Mahasiswa Baru

Manajemen waktu sederhananya bisa diartikan sebagai mengelola waktu dengan sebaik baiknya. Semua orang yang sukses memanajemen waktunya sedemikian rupa. begitu juga bagi mahasiswa baru. Perlu untuk mengontrol waktu demi kesuksesan selama belajar di kampus.

Ada beberapa cara memanajemen waktu yang bisa dilakukan oleh mahasiswa baru. Berikut ini caranya :

1. Ikuti kelas dengan Tertib

Cara memanajemen waktu bagi mahasiswa baru adalah mengikuti kelas dengan tertib. Pastikan anda harus selalu mengikuti kelas anda, jangan sampai tidak masuk kecuali kondisi kondisi tertentu seperti sakit atau hal darurat lainya yang tak memungkinkan anda masuk kelas.

Agar bisa tertib dan rajin mengikuti kelas, anda lebih dulu sudah mengetahui jadwal jam belajar anda. Maka hal awal yang harus dilakukan adalah anda harus tahu kapan anda belajar apa. Dengan masuk kelas secara tertib dan rajin adalah salah satu cara memanajemen waktu bagi mahasiswa baru. Anda rajin masuk kelas otomatis lebih mudah menyerap pelajaran dan mudah mendapatkan nilai A.

 2. Tertib Kerjakan Tugas Kuliah dan Belajar

Anda harus memanajemen waktu belajar dan tertib dalam mengerjakan tugas kuliah. Jika besok ada ujian, pastikan sebelumnya anda belajar sehingga mudah mengerjakanya. Manajemen waktu anda untuk mempelajari kisi kisi soal soal dan jawaban yang akan diujikan. Jika anda mendapatkan tugas pagi ini. Segera kerjakan sorenya atau malam. Jangan menunda, agar semua berjalan baik.

3. Manajemen Waktu untuk Kegiatan diluar Belajar

Fokus utama mahasiswa atau pelajar adalah belajar. Tapi hal lain juga harus anda lakukan. Sebagai mahasiswa baru, anda harus melakukan hal hal lain diluar kegiatan belajar. Seperti misalnya menambah teman, ikut organisasi, dan mempelajari hal hal lain mengenai kehidupan di kampus. Semua ini akan sangat berguna baik secara langsung maupun tidak langsung.

Jika anda bisa memanajemen waktu untuk menambah teman. Anda bisa melakukanya diluar jam pelajaran. Cobalah untuk berani berkenalan dengan teman teman sekelas anda atau dari jurusan lain. Makin banyak teman makin bagus. Dan ini perlu manajemen waktu.

 

share