Kuliah di luar negeri merupakan impian setiap orang,  selain dapat menambah pengalaman, juga merupakan suatu kebanggaan bisa kuliah di negara lain. Salah satu kota di luar negeri yang menjadi tujuan untuk kuliah yang cukup populer adalah kota Madinah di Arab Saudi. Ada banyak alasan dan keuntungan kuliah di Madinah yang dapat dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di sana.

 

10 Alasan Dan Keuntungan Kuliah Di Madinah

 

Berikut adalah beberapa alasan dan keuntungan kuliah di Madinah yang sangat menarik :

 

Kampus Berkualitas

 

Dengan salah satu sistem pendidikan tinggi dengan pertumbuhan tercepat di Timur Tengah, Arab Saudi menawarkan sejumlah institusi kelas dunia.  Tujuh universitas Saudi diperingkat dalam QS World University Rankings 2021, dan negara ini mengklaim 21 dari 100 universitas terbaik di kawasan Arab, dalam QS Arab Region University Rankings 2021. Arab Saudi juga telah ditampilkan sebagai yang terbaik ke-36 dalam sistem pendidikan tinggi di dunia, di edisi pertama Peringkat Kekuatan Sistem Pendidikan Tinggi QS.

Beberapa kampus di Madinah juga merupakan kampus terbaik di Arab Saudi,  seperti Islamic University of Madinah yang berada di peringkat ke-13 kampus terbaik di Arab Saudi. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di Madinah yang sangat menarik.

 

Fasilitas Lengkap Dan Mewah

 

Setiap kampus yang berada di Madinah dan seluruh kota di Arab Saudi memiliki fasilitas yang super lengkap dan sangat mewah. Pemerintah Kerajaan Arab Saudi sangat mendukung semua kegiatan pendidikan dan mengalokasikan dana yang cukup besar untuk sarana dan sistem pendidikan di Arab Saudi.

Pihak kampus juga menyediakan akomodasi yang terbaik bagi mahasiswa internasional seperti penginapan di sekitar kampus, bus sekolah dan fasilitas lainnya sehingga mahasiswa dapat lebih fokus dalam menjalankan semua kegiatan perkuliahan. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di Madinah yang sangat menarik.

 

Biaya Kuliah Terjangkau

 

Biaya kuliah di Madinah relatif lebih murah jika dibandingkan dengan di kota-kota lain yang berada di negara maju seperti London, New York dan Tokyo.

Bahkan banyak Universitas negeri di Arab Saudi yang memberlakukan kuliah gratis bagi semua mahasiswanya. Hal ini karena dukungan penuh dari pemerintah kerajaan Arab Saudi. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di Madinah yang sangat menarik.

 

 

Banyak Fasilitas Beasiswa

 

Pada dasarnya setiap universitas di Arab Saudi memberikan kesempatan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi. Biasanya mahasiswa dapat mengajukan beasiswa setelah terdaftar di universitas tersebut.

Khusus untuk Islamic University in Madinah memiliki program beasiswa penuh bagi umat Islam di seluruh dunia yang berniat kuliah di jurusan agama Islam seperti fakultas syariah, Alquran, hadits, bahasa Arab dan ushul al-din.

Saat ini tercatat lebih dari 20.000 mahasiswa Internasional kuliah di sana. Setiap tahun sekitar 100-150 mahasiswa Indonesia diterima dan mendapat beasiswa penuh di universitas islam Madinah. Beasiswa termasuk uang saku bulanan dan tiket pulang pergi ke Indonesia setiap tahun. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di Madinah yang sangat menarik.

 

Bisa Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab

 

Bahasa Arab sangat penting bagi umat muslim karena digunakan dalam kitab suci umat islam. Banyak orang ingin sekali mempelajari Bahasa Arab untuk dapat lebih memahami isi kandungan Al Qur’an.

Kuliah di Madinah mewajibkan mahasiswa untuk bisa berbahasa Arab, sebelum masuk kampus resmi, biasanya mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti kuliah Bahasa Arab selama 1-2 tahun.

Dengan kuliah di Madinah,. mahasiswa secara otomatis akan mempelajari dan memahami Bahasa Arab dengan baik.  Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di Madinah yang sangat menarik.

 

 

Madinah Adalah Kota Suci

 

Madinah adalah salah satu kota suci umat Islam selain Mekah. Setiap tahun jutaan orang dari seluruh dunia datang ke Madinah untuk melakukan ziarah ke makam Nabi Muhammad dan juga beribadah di Masjid Nabi,  Yaitu masjid Nabawi.

Madinah adalah Kota yang sangat sangat penting bagi umat Islam dan merupakan pusat penyebaran Agama Islam. Banyak situs bersejarah dan Masjid terkenal ada di Madinah seperti masjid Nabawi dan masjid Al-Quba yang merupakan masjid pertama umat Islam.

Salah satu keutamaan masjid Nabawi adalah pahala yang didapat saat melakukan ibadah di sana besarnya 1000 kali lebih banyak daripada di masjid biasa. Di Masjid Nabawi juga terdapat makam Nabi Muhammad SAW dan taman surga Raudah dimana merupakan tempat semua do’a dikabulkan. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di Madinah yang sangat menarik.

 

Bisa Melakukan Ibadah Umrah Dan Haji

 

Dapat melaksanakan Ibadah Umrah dan Haji adalah impian semua umat muslim di dunia. Karena Ibadah Haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan bagi orang yang mampu.

Dengan kuliah di Madinah,  mahasiswa dapat bebas melakukan ibadah Umroh kapan pun ada waktu senggang., Dan juga dapat menunaikan Ibadah Haji saat musim Haji tiba.

Selain itu,  banyak juga mahasiswa tingkat akhir yang aktif membantu pelaksanaan ibadah haji dengan menjadi pemandu haji bagi jamaah haji Indonesia. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di Madinah yang sangat menarik.

 

Biaya Hidup Yang Murah

 

Biaya hidup bagi mahasiswa di Madinah juga lebih murah jika dibandingkan dengan di negara maju seperti Amerika, Eropa dan Jepang. Hal ini karena banyak fasilitas murah yang khusus disediakan bagi mahasiswa internasional seperti perumahan, transportasi dan makanan.

Apalagi bagi mereka yang mendapatkan beasiswa penuh,  semua fasilitas disediakan secara gratis bahkan mendapatkan uang saku yang cukup besar untuk kehidupan sehari-hari. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di Madinah yang sangat menarik.

 

Bisa Memperdalam Ilmu Agama

 

Meskipun mengambil kuliah di jurusan umum seperti teknik industri atau komputer, mahasiswa bisa memperdalam ilmu agama di manapun di kota Madinah. Sebagai kota suci yang memiliki banyak sekali masjid dan pusat kajian islam,  Kota Madinah dan pemerintah kerajaannya Arab Saudi sangat mendukung semua kegiatan keagamaan dan menyediakan fasilitas yang memadai untuk memperdalam ilmu agama Islam.

Kegiatan mempelajari ilmu agama Islam bisa di lakukan di kampus,  masjid-masjid dan juga pusat studi agama Islam yang banyak terdapat di kota Madinah. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di Madinah yang sangat menarik.

 

Bisa Bekerja Di Arab Saudi

 

Lulusan kuliah di Madinah bisa diterima di berbagai perusahaan di Arab Saudi. Peluang kerja sangat besar karena lebih dari 25% pekerja di Arab Saudi adalah orang asing.

Selain peluang kerja, ada banyak keuntungan lain yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan untuk bekerja sebagai ekspatriat di Arab Saudi.

 

Salah satu keuntungan bekerja di Arab Saudi adalah prospek keuangan.  Gaji bebas pajak merupakan insentif yang sangat besar mengingat di banyak negara karyawan harus membayar pajak sebesar 10-35% dari penghasilan. Menabung akan lebih mudah karena gajinya lebih tinggi jika dibandingkan dengan negara lain di dunia. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di Madinah yang sangat menarik.

 

 

 

share