Jerman menjadi surga pendidikan tinggi bagi siswa internasional.  Tidak seperti negara lain,  kamu  akan menemukan banyak universitas terkenal dan berperingkat tinggi, kursus dan program yang tak terhitung jumlahnya untuk dipilih, gelar yang diakui secara global bersama dengan biaya hidup yang terjangkau dan peluang kerja yang lebih baik.

 

Selain itu, negara ini memiliki sejarah yang kaya dan panjang bersama dengan gaya hidup dinamis dan bersemangat yang menggabungkan gaya klasik dengan modern dan pedesaan dengan perkotaan untuk membuat masa menginap  kamu  tak terlupakan.  Setiap tahun, ribuan siswa dari berbagai penjuru dunia mengunjungi Jerman untuk mewujudkan impian mereka.

Jika  kamu  juga berencana untuk hal yang sama tetapi membutuhkan motivasi, maka alasan berikut untuk belajar di Jerman yang akan membantu  kamu  membuat keputusan yang tepat:

 

Alasan dan Keuntungan Kuliah di Jerman

 

Berikut adalah beberapa alasan dan keuntungan Kuliah di Jerman bagi mahasiswa internasional :

 

 1. Gelar yang diakui secara global dan kelas dunia

 

Sistem pendidikan di Jerman dianggap yang terbaik di dunia.  Karenanya, gelar dari universitas Jerman secara otomatis men kamu i siswa internasional sebagai yang terbaik.  Misalnya, jika  kamu  mendapatkan gelar di bidang sains atau teknik,  kamu  akan mendapatkan keunggulan dibandingkan negara lain karena negara ini terkenal menyediakan kursus berbasis penelitian dan khusus industri dalam mata pelajaran ini. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan Kuliah di Jerman yang terbaik.

 

 2. Beragam fasilitas pendidikan

 

Ada sekitar 450 universitas terakreditasi bersama dengan lebih dari 17.500 kursus dan program yang dapat dipilih.  Hampir setiap mata pelajaran atau bidang ditangani oleh universitas-universitas ini di tingkat akademik yang berbeda.  Di sini,  kamu  dapat menemukan program sarjana, magister, dan bahkan doktor yang berfokus pada karier yang berfokus pada studi ilmiah.  Jika  kamu  berpikir tentang mata pelajaran seni,  kamu  akan mendapatkannya juga. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan Kuliah di Jerman yang terbaik.

 

 3. Kuliah tersedia dalam bahasa Inggris

 

Tidak paham dengan bahasa Jerman?  Tidak perlu khawatir karena universitas di Jerman menawarkan banyak kursus dalam bahasa Inggris terutama pada tingkat master.  Karena pilihannya tidak terbatas,  kamu  dapat mempelajari gelar pilihan  kamu  dalam bahasa Inggris. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan Kuliah di Jerman yang terbaik.

 

 4. Komunitas internasional yang lebih besar untuk siswa

 

Sebagian besar komunitas di universitas berasal dari latar belakang asing.  Komunitas-komunitas ini memberikan kemudahan bagi para siswa agar mereka dapat menyesuaikan diri dengan gaya hidup di Jerman.  Komunitas ini juga memberikan kesempatan luar biasa untuk berinteraksi dengan beberapa budaya dan tradisi dari berbagai negara.  Apalagi universitas (dengan program mentoring khusus) dan mahasiswa lainnya saling membantu menyesuaikan diri dengan lingkungan baru lebih cepat. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan Kuliah di Jerman yang terbaik.

 

 5. Biaya Kuliah Murah

 

Dalam sebagian besar kasus, universitas dan perguruan tinggi tidak memungut biaya kuliah apa pun.  Dan jika mereka melakukannya, jumlahnya cenderung nominal.  Selain itu, pemerintah Jerman menawarkan beberapa opsi pendanaan.  Di sini,  kamu  dapat mempelajari berbagai program dan program gelar sarjana tanpa membayar biaya sekolah.  Meskipun  kamu  perlu membayar sejumlah uang untuk gelar master, itu akan lebih rendah daripada tujuan populer lainnya. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan Kuliah di Jerman yang terbaik.

 

 6. Keterjangkauan menjadikan Jerman sebagai tujuan studi populer di luar negeri

 

Biaya hidup di negara ini lebih terjangkau dan masuk akal jika dibandingkan dengan destinasi populer lainnya di Eropa.  Biaya akomodasi, makanan, dan biaya hidup lainnya tidak terlalu tinggi.  Selain itu, siswa bisa mendapatkan beberapa kelonggaran.  Misalnya, biaya masuk ke berbagai gedung dan institusi seperti museum dan teater cukup rendah untuk siswa. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan Kuliah di Jerman yang terbaik.

 

Di Jerman, semua siswa internasional dengan catatan akademis yang luar biasa dapat memilih dari berbagai program beasiswa untuk mendukung pendidikan mereka secara finansial.  Layanan Pertukaran Akademik Jerman dan DAAD adalah salah satu organisasi beasiswa terbaik tidak hanya di Jerman tetapi juga di dunia.  Pelajar internasional dapat dengan mudah menemukan program beasiswa yang sesuai untuk mengelola biaya studi mereka. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan Kuliah di Jerman yang terbaik.

 

 8. Kesempatan untuk belajar bahasa baru dan populer – Jerman

 

Bahasa Jerman adalah salah satu bahasa paling populer di dunia.  Meskipun kursus tersedia dalam bahasa Inggris,  kamu  dapat meluangkan waktu untuk mempelajari bahasa ini.  Mempelajari bahasa baru atau mengetahui bahasa internasional akan membantu  kamu  menonjol dan mendapatkan peluang karir internasional yang lebih baik. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan Kuliah di Jerman yang terbaik.

 

 9. Jerman adalah negara yang aman

 

Saat memilih Jerman atau tujuan lain, siswa sering bertanya, seberapa amankah tempat atau negaranya bagi saya?  Jerman dikenal dengan masyarakat multikulturalnya dengan insiden rasisme yang jarang terjadi.  Jerman biasanya merupakan negara yang aman bagi siswa internasional karena tingkat kejahatan di sini cukup rendah.  Ini berarti keselamatan bukanlah topik yang perlu  kamu  perhatikan. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan Kuliah di Jerman yang terbaik.

 

 10.  kamu  akan memiliki kesempatan untuk menjelajahi negara ini

 

Jerman tidak dapat disangkal salah satu negara terindah dengan banyak atraksi yang memukau.  Keajaiban alam, warisan sejarah yang kaya, dan gaya hidup modern menjadikan negara ini sebagai tujuan yang wajib dikunjungi.  Bagi siswa internasional, negara ini akan memberi mereka kesempatan untuk menjelajahi dan menikmati Eropa dalam kondisi terbaiknya sambil belajar di salah satu universitas terbaik dan berperingkat tinggi di dunia. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan Kuliah di Jerman yang terbaik.

 

10 Universitas Terbaik di Jerman Untuk Mahasiswa Internasional

 

Berikut adalah daftar 10 Universitas terbaik di Jerman untuk mahasiswa Internasional berdasarkan QS rangking berdasarkan persentase jumlah mahasiswa asing yang belajar di kampus tersebut :

 

  • Free University of Berlin
  • RSaarland University
  • Technical University of Berlin
  • Albert-Ludwigs-University Freiburg
  • Darmstadt University of Technology
  • Technical University of Munich
  • RWTH Aachen University
  • University of Duisburg-Essen
  • Karlsruhe Institute of Technology
  • University of Stuttgart

 

Kota terbaik untuk siswa internasional di Jerman

 

Berikut adalah daftar kota paling ramah untuk mahasiswa asing di Jerman :

 

Berlin adalah salah satu tujuan paling populer bagi siswa internasional dan terus menempati peringkat di antara kota pelajar terbaik di dunia.  Daya tarik utama bagi siswa adalah universitas terkemuka, lingkungan multikultural, dan peluang jaringan.

 

Bonn menonjol melalui karnaval dan organisasi internasional yang menarik dan menciptakan peluang kerja bagi lulusan masa depan.  Kota ini juga memiliki banyak aspek budaya untuk dijelajahi.  Ini adalah tempat kelahiran Ludwig van Beethoven dan Friedrich Nietzsche sendiri belajar di Universitas Bonn.

 

Munich menarik siswa internasional melalui biaya sekolah yang terjangkau dan festival besar, seperti Oktoberfest.  Ibu kota wilayah Bavaria juga memiliki beberapa standar hidup tertinggi dan komunitasnya sangat ramah dan terbuka terhadap mahasiswa asing.

 

Hamburg adalah pelabuhan tersibuk ketiga di Eropa dan pusat keuangan dan industri yang penting.  Siswa akan menikmati pendidikan berstandar tinggi dan mereka akan dapat menjelajahi arsitektur kota dan bangunan bersejarah

 

Demikianlah informasi tentang alasan dan keuntungan Kuliah di Jerman, semoga bisa menjadi bahan referensi bagi kamu yang berminat untuk kuliah di Jerman.

share