Apakah kamu sekarang sedang menempuh pendidikan atau kuliah jauh dari rumah, atau bisa disebut sebagai anak rantau? Jika benar mungkin kamu perlu membaca tips berlibur ala mahasiswa rantau. Yang bisa membuat kamu bisa menikmati masa liburanmu di kota orang dengan hemat dan menyenangkan.

Libur sudah tiba. Saatnya mahasiswa merefresh otak setelah berjibaku dengan segudang tugas dan belajar di ruang kelas.

Bagi mahasiswa rantau, apa yang dilakukan untuk mengisi liburan? Apakah pulang kampung atau liburan di kos? Atau sekedar jalan jalan?

Artikel ini akan berbagi tips berlibur ala mahasiswa rantau tanpa harus pulang kampung. Tips dibawah ini setidaknya bisa mengisi liburan agar lebih menyenangkan.

Tips Liburan ala mahasiswa rantau

Kalau liburan. Apa yang biasanya dilakukan mahasiswa? mungkin istirahat dirumah untuk pulihkan energi setelah lelah belajar di kampus.

Tapi bagaimana kalau rumah jauh, diluar kota?

Mahasiswa rantau mungkin akan berpikir dua kali untuk pulang kampung meskipun libur panjang. Ini karena beberapa alasan. Termasuk alasan waktu maupun biaya.

Mau pulang ke kampung halaman butuh waktu dan energi juga biaya tidak sedikit. Apalagi jika mahasiswa rantau.

Tapi tidak perlu khawatir. Tunda keinginan pulang kampung dan coba cara lain agar tetap bisa menikmati libur kuliah.

Beberapa tips berlibur ala mahasiswa rantau berikut ini mungkin bisa kamu lakukan sebagai mahasiswa rantau untuk mengisi liburan :

  1. Liburan ala mahasiswa rantau paling simple adalah jalan jalan

Liburan ala mahasiswa rantau yang pertama dalam daftar ini. Bisa dengan jalan jalan di kota tempat kamu kuliah.

Cobalah jalan ke cafe atau tempat nongkrong yang asik bersama teman untuk sekedar liburan.

Di tempat kamu kuliah. Pasti ada spot spot menarik untuk dikunjungi. Misalnya kamu kuliah di Jogja, kamu bisa main di malioboro, atau ke pantai atau sekedar nongkrong di objek wisata. Ini bisa lupakan sebentar keinginan pulang kampung.

  1. Ngumpul bareng sesama mahasiswa rantau

Kamu pastinya tidak sendirian sebagai mahasiswa rantau. Ada banyak teman teman kamu sedaerah maupun lain daerah yang juga merupakan mahasiswa rantau.

Nah, saat libur kuliah. Cobalah manfaatkan momen ini untuk ngumpul bersama mereka. Kamu bisa janjian mau ngumpul dimana, di kos juga boleh.

Selain akan lebih mendekatkan kamu dengan teman teman sesama mahasiswa rantau. Kamu juga akan lebih nyaman ketika bareng mereka karena sama seperti kamu. Dan kamu bisa menikmati liburan kuliah bareng mereka.

  1. Liburan ala mahasiswa rantau paling murah di kos santai

Kalau kamu males kemana mana saat libur kuliah. Kamu cukup di kos. Melakukan hal hal santai untuk merefresh otak. Bisa main game, atau tiduran. Bisa juga telpon orang tua dan keluarga dikampung halaman. Setidaknya hal ini bisa obati rasa kangen kamu.

Baca buku juga ide bagus. Atau, sekedar main gitar. Hal sederhana ini bisa dilakukan untuk mengisi liburan kamu.

  1. Ikut aksi kemanusiaan

Liburan ala mahasiswa rantau lainya adalah dengan ikut aksi kemanusiaan. Ini bisa jadi hal yang menyenangkan sekaligus bermanfaat.

Kamu bisa ikut aksi bakti sosial, atau aksi aksi menyediakan buku bacaan bagi pelajar. Banyak mahasiswa melakukan aksi aksi kemanusiaan untuk mengisi liburan mereka. Hal ini tentunya menyenangkan dan bermakna.

  1. Liburan ala mahasiswa rantau yang menyenangkan adalah naik gunung

Kalau kamu berminat. Kamu juga bisa liburan dengan cara naik gunung. Coba ajak teman teman yang juga satu hobi.

Akan ada suasana berbeda ketika mengisi liburan kuliah dengan naik gunung. Otak jadi fresh, karena dekat dengan alam.

Nah itulah beberapa tips berlibur ala mahasiswa rantau yang bisa dilakukan. Namun, kalau memang kamu punya waktu dan cukup biaya. Pulang kampung ketemu orang tua dan keluarga adalah liburan terbaik bagi mahasiswa rantau.

 

share