Sistem pendidikan di Finlandia Pusat Pendidikan Dunia – baik kali ini admin akan membahas sedikit mengenai sistem  pendidikan terbaik didunia. Finlandia adalah negara dengan sistem Pendidikan terbaik di dunia. Berdasarkan survei Programme for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2000 dengan membandingkan pelajar pada usia 15 tahun dari berbagai negara, Finlandia meraih peringkat teratas. Survei yang dilakukan setiap 3 tahun sekali oleh Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada tahun 2009 menempatkan pelajar Finlandia tetap nyaris teratas.
Sementara itu survei global mengenai kualitas hidup oleh Newsweek, Finlandia ditasbihkan sebagai negara dengan kualitas hidup nomor satu di dunia. Pasi Sahlberg, Direktur Mobilitas Internasional, Departemen Pendidikan Nasional Finlandia telah menulis buku tentang kesuksesan sistem pendidikan Finlandia yang berjudul Finnish Lessons: What Can the World Learn from Educational Change in Finland?
Apa kemudian yang menjadi perbedaan Finlandia negara-negara lainnya sehingga bisa menjadi kan finlandia sebagai negera dengan sistem negara terbaik didunia terutama dengan negara tercinta kita indonesia yang masih mencari sistem pendidikan yang sesuai dengan jati diri bangsa indonesia.

Sistem pendidikan di Finlandia Pusat Pendidikan Dunia :

  1. Pertama adalah ternyata sekolah di finlandia sangat lah sedikit sehingga peserta didik tidak psuing untuk memilih sekolah mana kemudian yang menjadi tempat mereka untuk menimba ilmu dan tidak ada beban biaya yang dimiliki oleh setiap sekolah karena sekolah di finlandia dikelola dan dibiayai oleh pemerintah. selain itu di finlandia lebih menegaskan untuk memilih sistem pendidikan untuk memberikan kesempatan kepada setiap warga negaranya untuk sekolah dibandingkan untuk mengerjar target keunggulan pendidikan
  2. Kedua adalah sistem pendidikan di finlandia tidak mengenal sistem peringkat atau sistem juara sehingga setiap siswa tidak harus terbebani oleh target menjadi juara serta tidak kompetensi yang terjadi antara siswa dengan siswa yang lain
  3. Ketiga adalah tidak ada ujian standar seperti pada negara kita. dimana pada tingkatan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama tidak ada ujian nasional. yang ada hanya ujian matrikulasi untuk persiapan masuk sekolah menengah atas yang kemudian telah memiliki profesi nantinya pada jenjang SMA dan kemudian diarahkan masuk pada Politeknik ataupun masuk pada Universitas. sedangkan yang tidak ingin melanjutkan ketingkat SMA bisa langsung masuk pada dunia kerja,
  4. Keempat adalah kurikulum di finlandia fleksisbel dimana sekolah tidak terikat pada kurikumlum yang ada namun terdapat kurikulum dasar yang menjadi patokan pengembangan kurikulum disetiap sekolah sehingga sekolah tidak monoton dan  dapat berkembang sejalan dengan perkembangana zaman tanpa harus menunggu intstruksi dari pemerintah.
Nah itulah Sistem pendidikan di Finlandia Pusat Pendidikan Dunia sekiranya para pakarnis sekalian bahwa sistem pendidikan memang sangat berperan terhadap perkembangan suatu bangsa. sekirnya ini dapat pula menjadi pertimbangan buat bangsa kita namun tetap sesuai dengan karkater dari bangsa indonesia.
share