Sejarah Singkaat Indische Partij – Bangsa indonesia adalah sebuah bangsa yang besar kebesaran itu bisa pula dilihat dari sejarah bangsa indonesia yang begitu kompleks dimasa lalu. Salah satu yang menjadi ciri dari kebesaran bangsa indonesia adalah kemampuan pemuda indonesia dalam membentuk organisasi nasional yang bergerak dalam bidang sosial. Dimulai dengan hadirnya budi utoma yang kemudian memunculkan banyak organisasi lainnya ini kemudian dijadikan sebagai tanda kebangkitan nasional indonesia. Indische partaj merupakan salah satu orgaanisasi yang lahir dimasa itu dan menjadi salah satu organisasi yang banyak diminati oleh masyarakat, pengaruh dari ketiga pendirinya tentu saja membuat organisasai ini dengan mudah untuk mengajak masyarakat untuk bergabung untuk lebih jelasnya berikut penjelasanya dibawah ini.

Sejarah-singkat-indische-partaj

Indische Partij Sebuah organisasi yang lahir pada masa kebangkitan nasional yang ditandai dengan lahirnya budi utomo serta serikat dagang islam sebagai pendahulu dalam pergerakan nasional pada saat itu. namun yang membedekan adalah indische partij lahir sebagai sebuah organisasi yang menyatakan dirinya secara terang-terangan sebagai sebuah partai politik. organisasi ini didirika oleh danudirja setiabudi, dr. cipto mangunkusumo serta Ki Hajar Dewantara.
indesche partij secara terang terangan menyatakan diri berjuang untuk melepaskan diri dari penjajahan semboyan yang terkenal pada saat itu Hindia lepas dari Holland. sedangkan dalam argumentasi yang sering dikeluarkan oleh dowes dekker dalam setiap diskusi dia selalu mengatakan bahwa segala gerakan politk yang sehat menuju ke arah membubarkan diri dari penjajahan.
indische partaj menegnal paham kebangsaan dimana tidak adaistiulah pembedaan seseorang berdasar pada keturunan, asal daerah agama dan kebudayaan. semua masuk dalam satu panji organisasi.
berdasar pada paham kebangsaan ini lah organisasi indische partaj menjadi sangat diminati oleh kalangan masyarakat karena dianggap tidak membeda-bedakan anatar satu dengan yang lainya.indische partaj sendiri tidak berumur panjang pada bulan maret 1923 partai ini dibubarkan setelah permohonannya menjadi badan hukum ditolak oleh pememrintah karna dianggap radikal.
Demikian Sejarah singkat indische partaj semoga bisa bermanfaat dan menjadi semangat kita dalam membangun bangsa indonesia kita tercinta.
share