Perbedaan analisis satu jalur dengan analisis dua jalur

campus-tutorial.com – Perbedaan Analisis Satu Jalur dengan Analisis Dua Jalur – baik kali ini admin akan membagikan sedikit ulasan mengenai perbedaan antara analisis satu jalur atau analisis satu arah dengan analisis dua jalur atau analisis dua arah. nah perbedaan kedua analisis dapat admin simpulkan sebagai berikut :

analisis satu jalur adalah analisis yang dimana terdapat satu variabel bebas dengan terdiri atas beberapa kelompok dan terdapat pula satu variabel tak bebas.

Analisis dua jalur adalah analisis yang dimana terdapat lebih dari satu variabel bebeas dengan variabel tersebut terdiri atas beberapa kelompok dan terdapat pula satu variabel tak bebas.

Dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa perbedaan antara analisis satu jalur dengan dua jalur adalah terdapat pada variabel bebasnya dimana jika analisis satu jalur hanya terdapat satu variabel sedangkan analisis dua jalur variabel bebasnya lebih dari satu variabel.

sebagai contoh :

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN dan UJIAN BENTUK SOAL TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MEMECAHKAN MASALAH.

Terlihat dari judul diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian yang akan dilakukan adalah menggunakan analisis variabel dua arah karena terdapat dua variabel bebas yaitu Model Pembelajaran dan Uji bentuk soal sedangkan variabel tak bebasnya adalah kemampuan peserta didik.

Syarat penggunaan dari penelitian ini adalah harus melalui uji normalitas dan uji homgenitas, dimana uji normalitas untuk menguji apakah data yang didapat terdistribusi normal dan apakah data yang dihasilkan memiliki homogenitas antara satu data dengan data yang lain.

nah demikian penjelasan yang admin bisa berikan kepada pakarnis sekalian semoga artikel tentang Perbedaan Analisis Satu Jalur dengan Analisis Dua Jalur bermanfaat.. salam teliti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *