Pengertian Teori Belajar Kognitivisme Menurut Pendapat Pakar

Pengertian Teori Belajar Kognitivisme Menurut Pendapat Pakar – baik para pakarnis kali ini admin akan menjelaskan sedikit apa itu sebenarnya teori belajar kognitivisme dan siapakah yang sebenrnya menjadi tokoh dari aliran ini sehingga banyak mendapat pengikut dalam proses belajar yang sekarang terjadi

Dasar pemikiran teori belajar kognitivisme adalah rasional.Teori ini memiliki asumsi filosofis,yaitu the way in which we learn(Sukardjo, 2010). Pengetahuan seseorang di peroleh berdasarkan pemikiran.Inilah yang disebut dengan filosofi Rasionalism.Menurut teori ini,peserta didik belajar disebabkan oleh kemampuan peserta didik dalam menafsirkan peristiwa yang terjadi didalam lingkungan.Teori kognitivisme berusaha menjelaskan dalam belajar bagaimana orang-orang berpikir.
Teori ini menjelaskan bagaimana  belajar  terjadi dan menjelaskan secara alami kegiatan mental internal dalam diri peserta didik. Oleh karena itu,teori kognitivisme lebih mementingkan proses belajar dari pada hasil belajar itusendiri.Menurut teori ini bahwa belajar melibatkan proses berpikir yang kompleks.
Prinsip Dasar dan Tujuan Teori Belajar Kognitif
A. Prinsip Dasar
Prinsip dasar yang mendasari teori belajar kognitif adalah teori psikologi.Prinsip teori psikologi adalah bahwa setiap orang dalam bertingkah laku dan mengerjakan segala sesuatu senantiasa dipengaruhi oleh tingkat-tingkat perkembangan dan pemahamannya atas dirinya sendiri.Berdasarkan pengertian itulah, maka teori belajar kognitif ini dikatakan memiliki hubungan yang sangat erat dan berasal dari teori psikologi. Aspek kognitifnya mempersoalkan masalah bagaimana orang memperoleh pemahaman mengenai diri sendiri dan lingkungannya, serta bagaimana  mereka berbuat dalam berhubungan dengan lingkungan mereka dengan menggunakan kesadarannya. Sementara itu,aspek psikologisnya menekankan pada hubungan antara orang dan lingkungan psikologisnya secara bersamaan dan saling berhubungan secara timbal balik.
Dalam hal belajar, aspek psikologis ini memandang bahwa proses belajar pada seseorang terjadi secara tidak nampak dari luar dan sifatnya kompleks, karena tingkah laku seseorang tidak di pengaruhi oleh faktor luar,tetapi dipengaruhi oleh cara-cara bagaimana terjadinya proses informasi didalam diri seseorang(dalam jiwanya).Oleh karena itu, psikologi  kognitif lebih  menekankan  arti penting proses internal  atau proses-proses mental manusia dari pada proses eksternalnya.
B. Tujuan
Tujuan teori belajar kognitif adalah untuk membentuk hubungan yang teruji, yang teramalkan dari tingkah laku orang-orang pada ruang kehidupan mereka secara spesifik sesuai dengan situasi psikologisnya. Dalam teori kognitif, belajar diartikan sebagai proses interaksional, seseorang memperoleh insight baru atau stuktur kognitif dan mengubah hal-hal yang lama.Teori kognotif menjelaskan bagaimana seseorang mencapai pemahaman atas diri dan lingkungannya lalu menafsirkan bahwa diri dan lingkungan psikologisnya merupakan faktor-faktor yang saling tergantung satu dan lainnya.
Demikian artikel tentang Pengertian Teori Belajar Kognitivisme Menurut Pendapat Pakar, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *