Banyak yang mengatakan bahwa Jurusan Ekonomi hanya untuk orang-orang bisnis, mereka yang berencana untuk memiliki bisnis atau melanjutkan bisnis keluarga mereka. Padahal, ekonomi sangat luas, tidak hanya soal bisnis. Bahkan, bagi Anda yang tidak berencana melakukan bisnis, Anda dapat memilih Ekonomi saat belajar. Lalu, seperti apa kuliah di Jurusan Ekonomi ini? Ayo lihat artikel di bawah ini!

Tinjauan Umum Jurusan Ekonomi

Secara teori, ekonomi adalah ilmu mengendalikan dan menyalurkan sumber daya yang ada di sekitar kita. Yang berasal dari kata Yunani “oikonomia”, yang berarti cara mengelola pekerjaan rumah tangga dan tugas administrasi. Di masa lalu, ekonomi menjadi satu dengan ilmu politik. Dan hanya pada akhir abad ke-19 ekonomi dipisahkan dari ilmu politik.

Belajar di Jurusan ini Anda akan mempelajari dua bagian ilmu, yaitu ekonomi mikro dan ekonomi makro. Mikroekonomi berurusan dengan pasar individu dan struktur mereka dan pemain kunci. Sedangkan ekonomi makro lebih banyak membahas, yaitu ekonomi nasional dan internasional. Studi ekonomi akan selalu dinamis, mengingat peristiwa ekonomi yang terjadi di dunia ini sangat beragam. Karena itu, selain mempelajari teorinya, Anda juga harus memperbarui keadaan terkini dan masalah ekonomi dunia.

Cocok untuk anak IPS atau anak IPA?

Jika ditanya oleh Jurusan Ekonomi untuk studi sosial atau mahasiswa ilmu alam, jawabannya adalah keduanya. Karena, jurusan ini tidak hanya berisi hafalan dan teori, Anda juga perlu memahami perhitungan matematika ekonomi. Permintaan dan penawaran yang dihitung, perpajakan, pasar modal dan akuntansi. Ekonomi tidak sesederhana membeli dan menjual, tetapi analisis pasar juga diperlukan. Meski begitu, Jurusan Ekonomi akan lebih cocok untuk Anda yang memiliki akal bisnis dan bagi mereka yang fleksibel dan responsif.

Proses Kuliah Jurusan Ekonomi

Dengan pelajaran ekonomi mikro dan makro, sebenarnya Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu belajar di Jurusan Ekonomi. Biasanya, 3,5 tahun dapat diambil oleh siswa dari Jurusan Ekonomi. Jurusan Ekonomi termasuk dalam Jurusan dengan waktu pendidikan yang cepat, karena tidak perlu melakukan penelitian di luar tesis. Namun, itu tergantung pada universitas tempat Anda belajar nanti. Karena, ada juga universitas yang membutuhkan kerja praktek atau magang selama beberapa bulan.

Prospek Pekerjaan Jurusan Ekonomi

Jurusan Ekonomi dapat dikatakan berlaku, karena banyaknya prospek pekerjaan di berbagai bidang dan perusahaan. Karena itu, jurusan ini sangat populer dan banyak diminati oleh calon mahasiswa. Jurusan Ekonomi terutama dicari oleh perusahaan, misalnya di bidang pemasaran, analis bisnis, pengembangan bisnis, keuangan, dan lainnya.

Jika dulu Jurusan Ekonomi identik dengan bekerja di bank, tidak lagi. Bahkan, selain bekerja di perusahaan, lulusan Jurusan Ekonomi juga memiliki potensi besar untuk menjadi pegawai negeri.

Dibagi menjadi 3 cabang ilmu

Jurusan Ekonomi sendiri dibagi menjadi 3 cabang ilmu, yaitu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Manajemen, dan Akuntansi. Bahkan, ada juga universitas yang memasukkan Pasar Modal dan Ekonomi Islam di cabang Ekonomi. Meski ada banyak lulusan dari Jurusan Ekonomi, Anda yang sudah berniat masuk jurusan ini tidak perlu minder. Karena, jika Anda memiliki hasrat di Jurusan Ekonomi, maka tidak peduli berapa banyak saingannya, Anda masih bisa menjadi yang terbaik.

Universitas dengna jurusan Ekonomi Terbaik

Belajar di Fakultas Ekonomi tentu saja menjadi impian banyak orang. Setiap tahun Fakultas Ekonomi tidak pernah sepi peminat. Alasannya, lulusan jurusan ekonomi menjadi lulusan paling dicari perusahaan besar. Jadi, mahasiswa jurusan ekonomi tidak mudah. Selain persaingan yang ketat, belajar di Jurusan ini juga tidak mudah. Apalagi studinya berada di jurusan Ekonomi terbaik di Indonesia.

– UI

– Diponegoro

– Brawijaya

– UGM

– UNPAD

share