Pelajaran biologi adalah pelajaran pertama dalam sains yang kami terima di sekolah. Sejak sekolah dasar, kami telah diperkenalkan ke biologi. Tidak mengherankan, banyak siswa menyukai sains di bidang biologi. Biologi yang mana juga sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Apakah Anda juga memiliki rencana untuk masuk ke Jurusan Biologi? Ayo lihat artikel di bawah ini untuk mengetahui lebih banyak tentang Jurusan Biologi.

Bagaimana Cara Belajar di Jurusan Biologi?

Biologi adalah diskusi luas tentang sains. Tidak hanya teori, Anda juga harus melakukan praktik matematika dan perhitungan di bidang biologi. Biologi sendiri mempelajari tentang makhluk hidup, baik itu manusia, hewan, tumbuhan, hingga mikroorganisme dan ekosistemnya. Bidang biologi memiliki cakupan yang sangat luas, misalnya dari biokimia hingga ilmu hewan. Selain itu, ia juga mempelajari dampak pengembangan teknologi biologi molekuler terhadap rekayasa genetika. Memasuki Jurusan Biologi mengharuskan Anda banyak membaca, karena ada banyak teori yang harus dipelajari. Ditambah nama ilmiah yang harus diingat. Anda juga harus melakukan kerja praktek dan kerja lapangan. Kegiatan membedah hewan dan penelitian di laboratorium adalah kegiatan yang akan Anda ikuti di Jurusan Biologi.

Jurusan Biologi Cocok untuk Siapa?

Jurusan Biologi tentu sangat cocok untuk Anda yang suka membaca. Jika pada dasarnya Anda senang membaca, Anda bisa tinggal di Jurusan Biologi. Selain itu, Anda juga harus berani dan tidak jijik. Karena biologi akan dihadapkan dengan praktik yang tidak biasa. Hampir sama dengan kedokteran, anak kandung juga harus berani melakukan operasi pada hewan. Tentu saja tujuannya adalah untuk penelitian. Membedah katak, kadal, cacing dan hewan lainnya akan wajib untuk studi di Jurusan Biologi. Jadi, Anda harus siap secara mental, ya!

Proses Kuliah di Jurusan Biologi

Meskipun belajar tentang sains secara mendalam ditambah dengan praktikum, lama kuliah di Jurusan Biologi tidak seperti Jurusan Medis. Jurusan Biologi dapat diambil selama sekitar 4 tahun, atau bahkan kurang.

Pelajaran yang dipelajari di Jurusan Biologi

Di Jurusan Biologi, Anda akan belajar tentang Bioteknologi, Biologi Molekuler, Genetika, Paleontologi, Evolusi, Histologi, Mikrobiologi, Anatomi Fisiologi Hewan, dan banyak lagi.

Prospek Pekerjaan Lulusan Biologi

Untuk Lulusan Biologi, ada banyak jalur karier yang dapat Anda ambil. Anda bisa menjadi peneliti di bidang biologi. Sebagai peneliti, Anda dapat bekerja di laboratorium, misalnya di perusahaan, LIPI, Perhutani, dan lainnya. Karier di bidang medis juga sesuatu yang bisa Anda ambil setelah menyelesaikan pendidikan biologi Anda. Sektor kesehatan yang dipilih misalnya konsultan khusus, melatih dokter umum, fisioterapi, hingga terapi wicara. Lulusan biologi juga bisa menjadi pendidik, misalnya dosen di bidang kedokteran.

Universitas dengan Jurusan Biologi Terbaik di Indonesia

Jika Anda sudah belajar dengan kuat di Jurusan Biologi, Anda dapat memilih universitas dengan akreditasi A di Indonesia. Anda dapat memilih Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Malang, Universitas Airlangga, Universitas Jenderal Soedirman, UIN Malang Maulana Malik Ibrahim, Universitas Bengkulu, dan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Berdasarkan BAN PT, universitas tersebut telah terakreditasi A di Jurusan Biologi. Setelah memutuskan universitas, tentu saja Anda harus mempersiapkan diri untuk dapat masuk ke Jurusan Biologi Universitas.

share