Pakar pendidikan – Pengertian dan Jenis Landasan Pendidikan Menurut Pakar, Pendidikan sebagai salah satu faktor penentu dari kemajuan suatu bangsa, Pendidikan secara etimologi berasal dari kata didik, kata ini mendapatkan awal me menjadi mendidik, yang artinya memelihara dan memberi latihan. Pendidikan antara lain dapat dipahami dari dua sudut, pertama sudut praktek sehingga kita mengenal istilah praktek pendidikan, dan kedua dari sudut studi sehingga kita kenal istilah studi pendidikan.

Beberapa pengertian pendidikan menurut pakar, diantaranya sebagai berikut :

  1. Menurut John dewey Pada tahun 1959, menyatakan bahwa pendidikan adalah suatu proses pembahuruan makna pengalaman, hal ini mungkinakan terjadi dalam pergaulan biasa atau pergaulan orang dewasa dengan orang muda, mungkin pula terjadi secara sengaja dan dilembagakan untuk menghasilkan kesinambungan.
  2. Menurut UU Nomor 20 Tahun 2003 bab 1 ayat 1 dinyatakan bahwa pendidikan adalah suatu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat
  3. Menurut Ahmad D. Marimba (1989: 19), pendidikan adalah bimbingan/pimpinan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani anak didik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.
Pengertian dan Jenis Landasan Pendidikan Menurut Pakar

 

Berikut beberapa jenis landasan pendidikan misalnya :

  1. Landasan religius pendidikan, yaitu asumsi-asumsi yang bersumber  dari religi atau agama yang menjadi titik tolak  dalam rangka praktek pendidikan dan atau studi pendidikan.
  2. Landasan filosofis pendidikan, yaitu  asumsi-asumsi yang bersumber dari filsafat yang menjadi titik tolak dalam rangka praktek pendidikan dan atau studi pendidikan.
  3. Landasan ilmiah pendidikan, yaitu asumsi-asumsi yang bersumber dari berbagai cabang atau disiplin ilmu yang menjadi titik tolak  dalam rangka praktek pendidikan dan atau studi pendidikan.  Tergolong ke dalam landasan ilmiah pendidikan antara lain: landasan psikologis pendidikan, landasan sosiologis pendidikan, landasan antropologis pendidikan, landasan historis pendidikan, dsb. Landasan ilmiah pendidikan dikenal pula sebagai landasan empiris pendidikan atau landasan faktual pendidikan.
  4. Landasan yuridis atau hukum pendidikan, yaitu asumsi-asumsi yang bersumber dari peraturan perundang-undangan yang berlaku yang menjadi titik tolak dalam rangka praktek pendidikan dan atau studi pendidikan.

 

Demikian artikel tentang pengertian dan jenis landasan pendidikan menurut pakar semoga bisa menjadi tambahan referensi buat teman-teman sekalian, Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *