kali ini kita akan membahas tentang penelitian kausal komparatif atau biasa dikenal dengan penelitian ex post facto. menurut pendapat pakar sesuai dengan pendapat karlinger (1973) penelitian kausal komparatif adalah penyelidikan empiris yang sistematis dimana ilmuwan tidak mengendalikan variabel bebas secara langsung karena eksistensi dari variabel tersebut telah terjadi, atau karena variabel tersebur pada dasarnya tidak dapat dimanipulasi.
sementara menurut gay (1981:197) penelitian kausal komparatif adalah penelitian dimana peneliti berusaha menetukan penyebab atau alasan untuk keberadan perbedaan dalam perilaku atau status dalam kelompok individu.
Prosodur penelitian kausal komparaitf sebagaimana penelitian lainnya dilakukan dalam lima tahap yaitu pertama penentuan masalah penelitian kedua penentuan kelompok yang memiliki karakteristik yang ingin diteliti ketiga pemilihan kelompok pembanding keempat pengumpulan data dan terakhir adalah analisis data.
desain penelitian kausal komparatif 
menurut gay desain dasar penelitian kausal komparatif adalah sangat sederhana dan walaupun variabel bebas tidak dimanipulasi, ada prosedur kontrol yang dapat diterapkan . studii kausal komparatif juga melibatkan variasi teknik statistik yang luas.
Analisis data dalam penelitian komparatif kausal melibatkan suatu variasi statistik deferensial dan statistik inferensial. semua statistik dapat digunakan  dalam penelitian kausal komparatif dapat pula digunakan dalam penelitian eksperimen.statistik yang paling umum dignunakan adalah mencari mean atau rata-rata. yang mengindikasikan rata-rata performansi dari suatu kelompok pada suatu pengukuran beberapa variabel dan simpangan baku.
sumber buku metodologi penelitian pendidikan 
Prof.Dr..emzir, M.Pd
share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *