kali ini admin akan membahas mengenai beberapa pemahaman tentang bagaiman sebenarnya komunikasi yang efektif dalam sebuah lembaga baik dalam lembaga maupun bentuk kepanitian. komunikasi secara filosofis dapat didefenisikan sebagai proses penyampaian informasi secara simbolik kepada orang yang dituju. sedangkan efektif adalah proses ketepatan dalam pengambilan sebuah keputusan terhadap berbagai aspek baik tepat dalam aspek waktu, aspek tempat dan sebagainya.

komunikasi efektif dapat terjalin hanya dilakukan jika memenuhi empat kriteria penting yang menurut beberapa pakar yaitu :

  1. persepsi disini dimaksudkan adalah kemampuan seseorang untuk menyatukan pemahaman atau kacamata pandangan atapun stimulus yang diterima dari berbagai stimulus luar yang masuk dan menjadi sebuah pernyataan yang dijadikan argumentasi tetap terhadap orang yang memberikan stimulus tersebut. penting penyamaan persepsi sangat dibutuhkan sehingga dalam proses komunikasi yang terjadi antara satu dengan yang lainnya dapat berjalan secara efektif.
  2. ketidaksesuai antara bahasa verbal dan non verbal disini dimaksud kan adalah mampun menyesuaikan antara bahasa verbal dan non verbal dimana bahasa verbal adalah penyampaian dalam bentuk bahasan lisan atau secara langsung sedangkan bahasa non verbal biasa disebut juga sebagai bahasa isyarat sehingga kombinasi dari kedua bahasa ini dapat menjadi sebuah bahasa yang ilmiah dan membuat komunikasi dapat berjalan dengan efektif.
  3. emosi disini yang dimaksud kan adalah kemampuan mengendalikan emosi seoarang yang akan menyampaikan infromasi kepada orang lain. dalam hal ini pembawaan perasaan atapun cinta sedih maupun bahagia harus di ke sampingkan dalam hal pemberian informasi kepada orang lain karena emosi sangat berpengaruh terhadap komunikasi yang dilakukan.
  4. kepercayaan dalam hal ini sumber informasi yang disampaikan kepada yang akan menerima informasi sangatlah penting sehingga sumber bacaan maupun sumber infromasi yang pernah diddengar maupun yang akan disampikan haruslah mempunyai kesahihan.

dari keempat kriteria tersebut maka sangat perlu suatu komunikasi berjalan dengan sangat efektif jika telah memenuhi keempat kriteria tersebut. selain itu masih banyka pula informasi-informasi yang kemudian dapat dijadikan cara agar dapat berkomunikasi dengan sangat efektif

 

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *