Haloo, kali ini admin akan sedikit mengulas tuntas mengenai model evaluasi sistem. model evaluasi sistem ini dikembangkan oleh beberapa pakar seperti Daniel L Stufflebeam, Michael Scriven, Robert E Stake dan Malcolm M Provus. evaluasi yang mereka akan dijelaskan seperti berikut dibawah ini :

  1. Michael Scriven : menurut Scriven evaluasi dibagi menjadi dua yaitu formatif dan sumatif. evaluasi formatif adalah evaluasi yang diadakan pada saat sistem masih dalam tahap pengembangan yang penyempurnaan dari evaluasi tersebut terus dilakukan atas dasar hasil evaluasi. sedangkan evaluasi sumatif adalah evaluasi yang diadakan setelah sistem sudah selesai menempuh pengujian dan penyempurnaan.
  2. Robert E Stake : menurut Stake evaluasi dibagi menjadi tiga bagian yaitu antecedent berupa sumber seperti tenaga keunagan karakter siswa dan tujuan ; yang kedua transaksi berupa rencana kegiatan dan proses pelakasanaan termaksud urutan kegiatan dan proses pelaksanaaan termaksud urutan kegiatan menilai hasil belajar dan sebagainya; ketiga adalah outcome berupa hasil yang dicapai reaksi guru dan sebagainya
  3.  Danial L.Stuffbleam : menurut Danial penggolongan evaluasi dibagi menjadi empat bagian dimensi yaitu konteks ,input, proses serta yang terakhir adalah product dimana product yang dimaksudkan disnin adalah hasil yang dicapai selama dan akhir pengembangan sistem pendidikan yang bersangkutan.
  4. Malcolm M Prevus : menurut prevus mengungkapkan empat dimensis pula sama seperti yang digunakan olhe Danial namun dimensi menurut prevus berbebda dimana keempat dimensi itu adalah 1. desaign atau rencana 2. program operasi yaitu proses pelaksanaan 3. interim product yaitu hasil belajar jangka pendek 4. terminal product yaitu hasil belajar jangka panjang.

ini lah keemoat pakar yang kemudian memperkenalakan model evaluasi sistem yang banyak digunakan sebagai salah satu model evaluasi. demikian ulasan singkat admin mengenai bentuk evaluasi sistem semoga bermanfaat buat para pakarnis.

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *