Pendapat Pakar – Otak Manusia Mampu Menyimpan 10 Kali Lebih Banyak – Selamat Siang Pakarnis sekalian kali ini admin akan membahas mengenai kehebatan dari pada otak manusia yang baru-baru ini para ilmuwan mengambil sebuah analogi bahwa otak manusia ibarat komputer, otak kita memiliki kapasitas yang menajubkan untuk menyimpan kenangan. Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa otak menyimpan kenangan sebagai pola pulsa listrik yang bergerak melalui neuron. Akan tetapi, mereka tidak pernah dapat mengukur seberapa banyak informasi yang bisa disimpan. Sekarang, peneliti dari Salk Institute telah menggunakan model neuron tikus untuk memberikan perkiraan baru kapasitas penyimpanan otak manusia satu petabyte, 10 kali lebih besar dari perkiraan sebelumnya. Para peneliti menerbitkan karya mereka di jurnal eLife.
Otak Manusia Mampu Menyimpan 10 Kali Lebih Banyak
Para peneliti tahu bahwa sinapsis, ruang antara neuron, di mana informasi mengalir dari satu neuron ke neuron berikutnya penting untuk memori dan sebagian besar fungsi neurologis lainnya. Tetapi para ilmuwan masih tidak mengerti banyak tentang cara mereka bekerja, termasuk bagaimana mereka mempengaruhi ukuran informasi ditransmisikan atau disimpan di otak.Dalam studi ini, para peneliti membuat rekonstruksi digital yang sangat rinci dari jaringan otak yang ditemukan di hippocampus tikus, daerah otak yang dikenal memainkan peran integral dalam memori jangka panjang. Pada skala terkecil, para peneliti terkejut menemukan bahwa sekitar 10 persen dari neuron memiliki dua sinapsis yang menghubungkan mereka ke neuron lain (90 persen sisanya memiliki hanya satu sinapsis). Meskipun ukuran sinapsis ini bervariasi hanya sekitar 8 persen, para peneliti menentukan bahwa ada 26 ukuran yang berbeda dari sinapsis seluruh hippocampus.

Hal ini berarti bahwa, dalam istilah komputer, setiap sinapsis dapat menyimpan rata-rata 4,7 bit; tersebar di seluruh otak, itu akan menjadi sekitar 1 petabyte, setara dengan 1.000 terabyte atau 1.000.000.000.000.000 byte.

Ada beberapa alasan untuk menjadi skeptis dengan jumlah tersebut. Salah satunya adalah walaupun otak tikus secara mengejutkan mirip dengan otak manusia, mereka tidak persis sama, dan ukuran sinapsis dapat bervariasi antara spesies, atau individu, atau bahkan bagian dari otak.

Salah satu ahli syaraf mengatakan kepada San Diego Union Tribune, berdasarkan temuan baru ini, otak mungkin dapat menyimpan informasi, bahkan lebih dari yang peneliti perkirakan, di urutan 3-5 petabyte.

Para peneliti memiliki pertanyaan lebih banyak tentang bagaimana otak menggunakan kapasitas penyimpanan yang luar biasa ini, karena sinyal tersebut dikirimkan secara efektif antara sinapsis hanya 10 sampai 20 persen dari satu waktu. Mereka berencana menjawab pertanyaan ini dalam penelitian masa depan, yang mungkin membantu para ilmuwan komputer menemukan cara yang lebih efisien untuk mengatur komputer dengan kapasitas belajar dalam atau jumlah besar penyimpanan memori.

Demikian artikel tentang Otak Manusia Mampu Menyimpan 10 Kali Lebih Banyak  semoga bisa menjadi tambahan referensi buat pakarnis sekalian
share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *