Langkah-langkah Penelitian Korelasi Menurut Pendapat AhliLangkah-langkah Penelitian Korelasi Menurut Pendapat Ahli – kali ini pendapat pakar akan membahas bagaimana proses dasar dalam penelitian korelasi menurut gay (1981) studi hubungan dan studi prediksi mempunyai karakteristik yang uni dimana yang membedakan keduanya serta proser dasar keduanya sama.

Langkah-langkah Penelitian Korelasi Menurut Pendapat Ahli :

1.Pemilihan Masalah
Studi korelasi dapat dirancang untuk menentukan variabel mana dari suatu variabel yang mungkin berhubungan maupun untuk menguji hipotesis menegnai hubungan dasar yang diharapkan.

2. Sampel dan Pemilihan Instrumen
Sampel untuk penelitian korelasi dipilih menggunakan metode sampilng yang dapat diterima, dan objek dipandang sebagai ukuran sampel minimal yang dapat diterima.untuk variable harus disesuaikan dengan varibel kemudian yang diambil sehingga perlu berhati-hati dalam pemilihan sampel tersebut,

3.Desain dan Prosedur
Desain penelitian korelasi tidaklah rumit dua atau lebih skor yang diperoleh dari setiap jumlah sampel yang dipilih, satu skor yang dipilih untuk setiap variabel yang diteliti dan skor berpasangan kemudian dikorelasikan.

4.Analisis dan Intrepetasi Data

Analisis dan intrepetasi data setalah mendpatkan data kemudian data tersebut di analisis menggunakan analisis yang banyak digunakan dalam penelitian-penelitian korelasi.

Demikian artikel tentang Langkah-langkah Penelitian Korelasi Menurut Pendapat Ahli semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan referensi buat pakarnis sekalian.

sumber buku metode penelitian pendidikan
oleh : Prof.Dr. Emzir, M.Pd

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *