Jika Anda sering melihat kru, produser, dan jurnalis yang sering tampil di televisi dan media tertentu, memang sebagian besar dan hampir semuanya adalah lulusan Sarjana Komunikasi. Bagi Anda yang menyukai media, berbicara, berhadapan dengan orang baru, dan juga keterampilan lain yang memiliki hubungan akan sangat tepat dan cocok untuk memilih jurusan ini sebagai program studi lanjutan untuk sekolah Anda.

Walaupun memiliki kelebihan dan kekurangan di jurusan komunikasi dan pada awalnya Anda tidak terlalu menyukai jurusan ini, tentunya lama kelamaan Anda akan terbiasa dan menyukai objek belajar. Sekarang media apa pun yang Anda lihat dan temui akan sangat membutuhkan tenaga dan ide dari lulusan jurusan Komunikasi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa masa depan Anda untuk siswa jurusan Ilmu Komunikasi bisa sangat cerah. Juga tergantung dan kembali ke masing-masing orang.

Berikut adalah beberapa manfaat yang akan Anda rasakan ketika memilih jurusan Komunikasi:

  • Media komunikasi dalam kehidupan sehari-hari

Komunikasi sangat penting dan memiliki peran yang harus diperhatikan oleh setiap orang dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Komunikasi diyakini mampu membangun negara dan rakyatnya menuju yang lebih baik dan lebih maju. Dengan komunikasi ini Anda juga dapat menyampaikan apa yang ada dalam pikiran Anda dan dapat membuat orang lain mengerti dengan cara Anda sendiri.

  • Belajar komunikasi dapat mendukung kehidupan Anda

Walaupun pada awalnya Anda merasa canggung dan canggung ketika mencoba menjalin komunikasi formal, lama-kelamaan karena di bawah tekanan dan kebutuhan Anda akan menjadi terbiasa bahkan bisa menjadi seorang ahli suatu hari nanti. Misalnya, ketika mata pelajaran tertentu mengharuskan Anda untuk berlatih langsung dengan teman-teman lain untuk saling mewawancarai. Mau tidak mau Anda harus melakukan dan tampil di depan orang banyak, karena jika tidak maka Anda tidak akan mendapatkan nilai semester nanti.

  • Anda akan memiliki pengetahuan yang luas

Karena siswa dari jurusan ini akan dituntut menjadi ahli dalam mewawancarai dan menguasai acara-acara tertentu, Anda akan diminta untuk belajar lebih banyak dengan membaca dan memahami teori. Salah satu kekuatan dan kelemahan jurusan komunikasi berikutnya juga bisa karena ketika kesalahan terjadi, misalnya dalam wawancara, Anda dituntut untuk tetap profesional dan harus memahami cara mengalihkan situasi.

  • Dapat menjadi orang yang kreatif

Sekarang, ketika Anda selesai belajar dalam program Studi Komunikasi, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk bekerja di media televisi. Karena sudah ada platform lain yang menghasilkan lebih banyak dan mendapatkan lebih banyak perhatian, You-Tube.

Kekurangan jurusan Komunikasi yang Mungkin Perlu Dikhawatirkan

Meski begitu, satu hal yang harus Anda ketahui bahwa dari semua jurusan dan program studi yang ada ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda harus memahami dan mengetahui masing-masing dari kedua sisi ini. Jangan sampai nanti Anda memilih jurusan yang salah, alih-alih nyasar ke bidang ilmu yang benar-benar tidak Anda sukai. Oleh karena itu, untuk penjelasan lebih lanjut, berikut akan dijelaskan tentang kekurangan jurusan ilmu komunikasi:

– Seringkali ilmu komunikasi yang terkait erat dengan media disalahartikan oleh kebanyakan orang. Karena itu, Anda harus memikirkan untuk menjelaskan dan memposisikan diri Anda.

– Anda akan terus ditinggalkan oleh mereka yang berani dan memiliki karakteristik di beberapa bidang Komunikasi seperti wawancara, membawa berita, dan hal-hal lainnya.

– Anda diharuskan membaca banyak referensi dan menonton wartawan di tempat kerja dan juga wartawan dalam menyampaikan berita.

share