Bagi sebagian orang pendidikan merupakan hal prioritas yang wajib ditempuh, tak jarang bahkan setelah yang bersangkutan menerima gelar studi akademik dari s1 masih berkeinginan untuk melanjutkannya hingga s2 atau s3. Biayanya memang tidak murah, akan tetapi bagi seseorang yang memiliki keinginan kuat untuk melanjutkan biasanya akan tetap menempuh studi tersebut.

Sejatinya, pendidikan hingga tingkat yang lebih tinggi memang bukan hanya hak orang berduit saja, bagi seseorang dengan kemapuan ekonomi rata-rata juga masih bisa menempuh dengan cara mendapatkan beasiswa pendidikan s2 ini. Lalu kiat apa saja yang harus dilakukan agar dapat menikmati beasiswa s2 tersebut, berikut ulasannya.

1. Mempersiapkan diri dengan prestasi akademik yang baik

Nilai akademik yang baik merupakan syarat mutlak bagi seseorang untuk bisa mendapatkan beasiswa s2. Jika kamu menginginkan sebuah beasiswa untuk studi s2 kamu perlu setidaknya menstabilkan nilai akademikmu dalam kisaran IPK 3,5 hingga 4, hal tersebut tentu bisa didapatkan dengan belajar secara lebih giat dan tidak kenal lelah. Prestasi yang baik biasanya juga selalu dilirik oleh banyak pihak, baik oleh lembaga pendidikan kampusnya, atau perusahaan bonafit untuk merekrut seseorang tersebut.

Beasiswa s2 memang bukan hanya diperuntukkan bagi seorang akademisi saja, namun juga bagi karyawan sebuah perusahaan dengan prestasi kerja yang baik. Untuk itulah kerja keras dan semangat untuk memberikan kemampuan maksimalmu bisa menjadi lebih berarti jika diberikan berupa reward yang salah satunya bisa saja merupakan beasiswa melanjutkan pendidikan.

2. Mencari informasi dari lembaga pendidikan dalam dan luar negeri

Selain karena kerja keras dan ketekukan untuk belajar yang bisa berbuah beasiswa, kamu harus mau mulai mencari informasi lebih detail jika ingin mendapatkan beasiswa. Baik beasiswa didalam maupun di luar negeri, semua informasi tersedia di banyak tempat, entah perusahaan tempat bekerja, lembaga kampus tempat belajar hingga media internet.

Berbagai macam beasiswa juga tersedia, mulai dari beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah, foundation, atau perusahaan bonafit lainnya. Kamu harus berusaha keras untuk bisa mendapatkan kesempatan tersebut karena sainganmu bukan hanya beberapa orang saja, melainkan ribuan.

3. Membekali diri dengan kemapuan bahasa inggris

Syarat lain jika kamu ingin mengambil beasiswa yang pendidikannya dilakukan diluar negeri adalah kamu wajib bisa berbahsa Inggris. Hal tersebut menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi bagi para pencari beasiswa di luar negeri. Ikuti beberapa sertifikasi bahasa foreign language, bisa berupa TOEFL atau TOEIC.

4. Memiliki surat recomendasi dari lembaga asal

Surat recomendasi dari lembaga asal juga menjadi persyaratan bagi seseorang dalam mengajukan beasiswa. Jika aktifitasmu saat ini adalah dosen, asissten dosen atau akademisi, kamu bisa meminta kepada pihak kampus surat recomendasi tersebut. Jika kamu seorang karyawan perusahaan, kamu dapat memintanya kepada atasanmu, tentunya dengan sudah diketahui atasan kamu sebelumnya.

5. Menyiapkan anggaran lain untuk kebutuhan pribadi

Meskipun banyak anggapan yang beredar dimasyarakat bahwa dengan didapatkannya beasiswa bagi seseorang maka semua biaya sudah ditanggung oleh pemberi beasiswa. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, tidak juga salah seutuhnya, karena jenis beasiswa untuk study s2 itu bermacam macam.

Beberapa beasiswa bersifat hanya menggratiskan bea study atau kebutuhan akademiknya saja, beberapa  bisa memberikan lebih dari sekedar bea akademik dan uang saku bulanan. Hal tersebutlah yang harus benar-benar dicermati oleh penerima beasiswa, maka dari itu tiada salahnya jika kamu mulai menabung untuk keperluan pribadimu kelak.

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *