Pendapar Pakar – Sebuah pembahasan berlanjut dalam materi realibilitas, dimana salah satu pembahasan mengenai formula-formula apa kemudian yang biasa digunakan dalam menentukan reabilitas dari sebuah instrumen. seperti kita ketahui, bahwa sebelum menggunakan instrumen dalam pengambilan data, maka sebaiknya instrumen tersebut harus melalui beberapa tahap salah satunya adalah dengan melakukan uji reabilitias atau uji konsisten dari pada instrumen yang akan digunakan.

Cara Melakukan Uji Reabilitas Menggunakan KR-20 | Pendapat Pakar
Dalam melakukan uji reabilitas sendiri memiliki beberapa uji yang bisa digunakan salah satunya adalah Formula Kuder-Richardson. Jika setiap komponen atau belahan tes merupakan butir yang diberi skor dikotomi, yaitu terdiri atas angka 0 dan 1, maka formula alpha akan mengambil bentuk khusus sebagai formula Kuder-Richardson-20 (KR-20) yang disebut juga koefisien a-20 cronbach
Cara Melakukan Uji Reabilitas Menggunakan KR-20 | Pendapat Pakar
Rumus KR-20
Gambar diatas merupakan persamaan untuk menentukan reabilitas menggunakan Kuder Richardson 20 dari persamaan ini kita bisa melihat.
Dimana :
  1. Pi adalah Proporsi subjek yang mendapat skor 1 pada butir i, yaitu banyaknya subjek mendapat skor 1 dibagidengan banyaknya seluruh subjek.
  2. S^2 X adalah Varians skor test X
  3. J adalah Banyaknya butir tes, dalam hal ini adalah banyaknya tes

Demikian penjelasan singkat mengenai penggunaan dari persamaan atau formula Kuder Richardson-20 semoga bisa menjadi bahan pembelajaran dan referensi yang berguna buat pakarnis sekalian..

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *