Masuk ke perguruan tinggi negeri merupakan impian dari banyak siswa setelah lulus SMA. Tapi tidak semua siswa dapat lolos seleksi kuliah SNMPTN, lalu jika kamu sudah berusaha mengikuti seleksi SNMPTN tetapi kamu belum bisa lolos, apa saja alternatif jika kamu tidak lolos seleksi kuliah SNMPTN?

Ada beberapa alternatif jika kamu tidak lolos seleksi kulian SNMPTN seperti :

1. SBMPTN

Jika kamu telah dinyatakan tidak lolos seleksi SNMPTN di tahun ini, jangan berkecil hari karena kamu masih bisa mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri dengan mengikuti jalur seleksi SBMPTN. Ini merupakan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri yang jadwalnya perlu kamu catat di website resmi https://sbmptn.ltmpt.ac.id. Jadi kamu harus lebih mempersiapkan lebih matang lagi melalui jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri satu ini, jika sebelumnya kamu telah gagal dalam seleksi SNMPTN.

2. UTBK

Alternatif jika kamu tidak lolos seleksi kuliah SNMPTN lainnya yang bisa kamu ambil agar tetap bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri favoritmu adalah dengan mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer. Segeralah setelah gagal dalam seleksi SNMPT, kamu cari informasi tentang tanggal pendaftaran UTBK, persyaratan pendaftaran dan informasi lengkap lainnya yang biakses di situs resmi https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id/. UTBK ini akan berlangsung selama 10 kali dan hasil pengumuman akan muncul setelah 10 hari kamu melakukan ujian ini.

3. Ujian Mandiri

Alternatif lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan setelah mencoba 2 tahapan tadi tapi masih gagal, kamu bisa mengikuti seleksi masuk ke PTN dengan menempuh jalur mandiri. Untuk mengetahui kapan ujian mandiri ini diadakan, kamu harus selalu aktif mengunjungi website resmi dari kampus yang ingin kamu daftar. Sehingga kamu tidak akan telat untuk proses pendaftarannya dan mengetahui tanggal ujian yang telah ditentukan oleh masing-masing kampus.

Untuk mekanisme dan cara seleksi mandiri ini untuk setiap PTN akan berbeda-beda. Jadi kamu tidak bisa menyamakan antara PTN satu dengan yang lainnya.

4. Daftar Lagi Tahun Depan

Janganlah kamu berputus asa ataupun stress karena tidak bisa lolos dalam seleksi masuk ke PTN favoritmu, jika di tahun ini kamu belum memiliki kesempatan lolos masuk ke PTN yang sudah kamu mimpikan masih ada peluang di tahun depan.

Jadi, kamu harus instrospeksi diri lagi apakah ada kesalahan yang kamu lakukan ketika mengikuti beberapa seleksi yang sudah kamu coba diatas, sehingga membuat kamu gagal dalam masuk PTN tersebut. Jadi di tahun depan, jika kamu ingin mencoba mendaftarnya lagi, kamu bisa sukses.

5. Ikut Kursus

Jika kamu telah dinyatakan tidak lolos dalam seleksi masuk PTN, alternatif jika kamu tidak lolos seleksi kuliah kamu bisa mengikuti kursus. Kamu bisa mengikuti beberapa kursus yang bermanfaat untuk masa depanmu seperti kursus digital marketing, kursus bahasa asing, kursus desain, kursus pemprograman atau kursus lainnya yang kamu minati. Sambil menunggu tahun depan dibukanya seleksi masuk ke PTN dengan tahun ajaran yang baru.

6. Kerja Freelancer atau Membangun Bisnis

Untuk membuat waktu menunggu pedaftaran seleksi masuk PTN tahun depan bermanfaat, tidak ada salahnya kamu bekerja menjadi freelancer ataupun membangun bisnis kecil-kecilan. Dengan melakukan kegiatan ini, kamu setelah lulus SMA tidak hanya menganggur, tapi memiliki manfaat bisa menghasilkan uang, memiliki pengalaman dan belajar bisnis. Ditambah lagi jika hasil dari freelancer atau bisnis kamu cukup banyak, kamu juga bisa menabungnya untuk biaya kuliah di tahun depan loh.

share