Kesalahan magang terkadang membuat pemilik perusahaan malu. Tidak hanya itu, karyawan yang sudah bekerja di tempat itu merasa tidak nyaman untuk membuat. Jika Anda akan menjadi pekerja magang, Anda harus menghindari semua kesalahan ini jika Anda ingin disukai oleh pemilik atau karyawan tetap di perusahaan.

  1. Terlalu Santai

Saat ini, memang ada banyak perusahaan yang menerapkan budaya santai ketika bekerja. Misalnya, diperbolehkan untuk mengenakan t-shirt, diperbolehkan untuk menyalakan musik saat bekerja, dan bahkan menghilangkan jarak antara bos dan karyawan. Biasanya, mereka yang menerapkan aturan seperti ini adalah kantor agensi atau perusahaan dengan latar belakang seni. Namun, itu tidak berarti sebagai seorang magang Anda dapat sepenuhnya mengikuti aturan-aturan ini, bahkan terlalu santai. Anda masih harus sopan dengan orang lain. Masih meminta izin ketika akan mengambil tindakan, seperti meminjam barang milik orang lain, meninggalkan kantor, dan sebagainya. Lain halnya jika Anda berada di kantor resmi. Semua aturan yang berlaku di kantor harus dipatuhi. Tunjukkan bahwa Anda sangat profesional, baik di tempat kerja maupun di acara-acara atas nama perusahaan.

  1. Banyak Pertanyaan

Memang jika ingin menghindari kesalahan, sebagai magang Anda perlu bertanya kepada karyawan tetap yang sudah lama berada di tempat itu. Namun, itu tidak berarti semua yang harus Anda tanyakan. Anda mungkin diberi label lambat dan tidak fokus. Lebih kreatif dalam melakukan sesuatu. Gunakan perasaan itu dan perhatikan kebiasaan orang-orang di sekitar. Jadi, Anda tidak perlu mengajukan banyak pertanyaan, tetapi Anda sudah bisa mengikuti kebiasaan di tempat itu. Namun, itu tidak berarti Anda menjadi terlalu berpengetahuan. Sikap ini juga tidak disukai oleh orang-orang di sekitarnya. Jadilah bijak dalam menentukan kapan harus bertanya dan kapan melakukannya sendiri.

  1. Buat Kesalahan yang Sama

Membuat kesalahan adalah hal yang wajar, terutama magang. Namun, melakukan kesalahan yang sama, jelas akan membuat jengkel orang-orang di sekitar Anda. Karena itu, ketika melakukan kesalahan, ingat dan coba untuk tidak mengulanginya lagi. Padahal, sebisa mungkin belajarlah dari kesalahan orang lain. Jangan membuat kesalahan yang dilakukan orang lain.

  1. Terlalu Banyak Mengeluh

Sebagai pekerja magang, terkadang lingkungan di sekitarnya tidak cocok untuknya. Tidak hanya itu, pekerja magang juga diharuskan untuk mengikuti aturan mainan di lingkungan baru. Ketidaknyamanan karena Anda tidak terbiasa dengan hal itu. Namun, jangan ungkapkan ini dengan mengeluh. Apalagi jika Anda mengeluarkan keluhan ini melalui media sosial. Sebagai seorang magang, Anda harus berusaha untuk dapat mengikuti pola kerja di tempat itu. Siapa tahu, pekerjaan itu sebenarnya akan menjanjikan karier di masa depan.

  1. Terlambat meninggalkan pekerjaan

Tidak hanya magang, terlambat kerja adalah kesalahan bagi karyawan yang telah lama bekerja di tempat itu. Namun, Anda dibayar di tempat untuk bekerja dalam batas waktu yang ditentukan. Keberangkatan yang terlambat berarti korupsi waktu. Meskipun magang tidak memiliki gaji sebesar karyawan tetap, ini tidak berarti bahwa ia mungkin terlambat. Ini akan mempengaruhi penilaian kredibilitas di tempat itu.

  1. Bolos tanpa alasan yang jelas

Ingat, Anda telah memasuki dunia kerja. Jika Anda tidak datang kerja, pasti ada alasan yang jelas. Sayangnya, karena mereka merasa bahwa mereka bukan karyawan tetap, banyak dari mereka bolos kerja tanpa alasan yang jelas. Bahkan, ada juga orang yang bolos tanpa berita sama sekali. Ini adalah kesalahan magang yang paling fatal.

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *