Anda harus melakukan persiapan untuk bursa kerja jika Anda ingin memiliki peluang besar untuk diterima di salah satu perusahaan yang dilamar. Apa saja persiapan yang harus dilakukan? Berikut ini adalah uraian lengkapnya.

  1. Mencari informasi sebanyak mungkin

Persiapan yang harus Anda lakukan untuk pertama kali adalah menemukan sebanyak mungkin dan seakurat mungkin informasi tentang jabatan itu, serta perusahaan tempat saya terlibat. Cari tahu tentang profil perusahaan dari beberapa perusahaan yang Anda menargetkan. Pastikan Anda memiliki informasi tentang latar belakang perusahaan-perusahaan ini sebelum menyiapkan yang lain. Anda dapat memperoleh semua informasi ini dari internet, surat kabar, milis pencarian kerja, grup universitas, atau teman.

  1. Siapkan CV dan surat lamaran terbaik Anda

CV atau Riwayat Hidup Anda adalah gambaran latar belakang Anda, mulai dari identitas, pendidikan, hingga pengalaman kerja dan organisasi Anda sejauh ini. Biasanya, CV ini akan menjadi pertimbangan utama bagi perusahaan untuk menerima atau menolak aplikasi Anda. Karena itu, buat CV Anda sebaik mungkin. Sebisa mungkin, tunjukkan kredibilitas, kualitas, dan profesionalisme Anda di CV.

Cobalah untuk melamar ke beberapa perusahaan terkemuka. Jika salah satu perusahaan yang dipilih adalah perusahaan asing, gunakan bahasa asing untuk menambah nilai pada aplikasi Anda dan CV. Ada empat hal yang perlu dipertimbangkan saat membawa CV dan surat lamaran Anda. Pertama, letakkan semua dokumen dalam folder kecil dan tidak basah.

Kedua, hindari membawa dokumen yang kusam, terlipat, dan gunakan kertas kusut. Ketiga, di samping formulir cetak, bawa softcopy sehingga jika Anda perlu mencetak ulang, Anda hanya perlu pergi ke warnet terdekat. Keempat, bawa peralatan pendukung, seperti alat tulis, kertas, flashdisk, laptop, dan sebagainya.

  1. siap secara mental untuk wawancara

Anda tidak perlu gugup saat menjalani berbagai tes, termasuk tes wawancara. Persiapkan sebaik mungkin semua hal ini, mulai dari menambah wawasan, mempelajari metode pertanyaan dalam wawancara, hingga mempersiapkan jawaban yang benar. Anda dapat mencari referensi dari buku dan internet. Tumbuhkan kepercayaan diri Anda dan pastikan bahwa Anda mampu melewati semua tes yang biasanya terjadi dalam satu hari itu.

  1. Istirahat yang cukup

Selain menyiapkan semuanya, jangan lupa untuk istirahat yang cukup. Tidur terlalu larut justru akan membuat Anda merasa tidak cocok pada hari berikutnya. Tubuh terlihat lesu dan mata bengkak. Bahkan, Anda mungkin juga tidak bisa berkonsentrasi menjawab pertanyaan jika kondisi fisik tidak pas. Jelas ini akan mempengaruhi penilai kinerja Anda. Lebih buruk lagi, Anda terlambat untuk bangun dan bergegas menuju lokasi bursa kerja.

  1. Penampilan yang bagus

Ketika Anda tidur dengan waktu yang cukup, keesokan harinya tubuh Anda akan lebih segar. Jangan lupa mandi. Gunakan sabun wangi. Setelah itu, berpakaianlah dengan sopan dan rapi. Tidak ada aturan khusus untuk jenis pakaian ini. Yang terpenting, tunjukkan bahwa kode berpakaian yang Anda kenakan menunjukkan profesionalisme dan ketulusan Anda. Secara umum, warna-warna terang atas dan bawah gelap. Hindari menggunakan jeans.

  1. Ramah untuk Pengunjung Lainnya

Saat berada di lokasi bursa kerja, bangun koneksi dan pertemanan. Bersikap ramah kepada setiap pengunjung di sana. Ingat, meskipun bursa kerja adalah kompetisi untuk mendapatkan pekerjaan, tetapi itu tidak berarti Anda tidak ramah. Anda tidak tahu siapa pun yang Anda temui. Siapa tahu, salah satunya akan benar-benar memberikan informasi berharga mengenai lowongan kerja. Dengan begitu, Anda tidak akan sia-sia dalam melakukan persiapan untuk mengikuti job fair.

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *