Sebenarnya ada banyak hal positif yang dapat dilakukan siswa. Apalagi di era ini, di mana paradigma mahasiswa tidak bisa hanya belajar di ruang kuliah. Apa hal-hal positif ini? Lakukan salah satu dari tips berikut ini!

  1. Mengikuti kegiatan UKM

Di kampus, biasanya ada banyak kegiatan positif yang dilakukan oleh UKM. Anda dapat ikut serta dalam kegiatan ini. Secara umum, kegiatan yang dilakukan akan mendidik Anda untuk menjadi orang yang mandiri, siap terlibat dalam komunitas, dan memiliki kepedulian yang tinggi. Dengan kata lain, semua kegiatan UKM ini memberikan manfaat luar biasa bagi Anda setelah lulus kuliah.

  1. Menjadi Anggota Komunitas

Menjadi anggota mahasiswa, tidak hanya membuat Anda gemar berpartisipasi dalam semua kegiatan yang tersedia, tetapi juga mendidik untuk organisasi yang baik. Karena, dalam urusan kemahasiswaan semuanya biasanya didasarkan pada kesepakatan bersama. Toleransi dan penghormatan terhadap pendapat orang lain akan dilatih melalui kegiatan ini. Tidak hanya itu, Anda juga akan berlatih menghadapi dan bernegosiasi dengan beberapa penyelia yang memiliki berbagai karakter. Ini untuk mempersiapkan di masa depan ketika Anda harus berurusan dengan orang lain ketika Anda terlibat langsung dalam komunitas.

  1. Mengikuti Kegiatan Layanan Masyarakat

Tidak hanya di lingkungan kampus, Anda juga dapat mengambil bagian dalam kegiatan komunitas yang terkait dengan layanan masyarakat, seperti menjadi sukarelawan, menjadi praktis, atau berpartisipasi dalam kegiatan lain yang diselenggarakan oleh komunitas. Selain terlatih merawat di sini, Anda juga akan memiliki rekam jejak di komunitas dan kampus.

  1. Belajar Kewirausahaan

Menjadi seorang siswa tidak berarti Anda tidak dapat belajar menjadi wirausaha. Saat ini, terutama di era digital, ada banyak peluang bisnis yang dapat dilakukan oleh siswa tanpa mengganggu kegiatan utama kuliah. Misalnya, berjualan online, bisnis kredit listrik, berjualan makanan ringan di kampus, dan banyak lagi. Selain mendapatkan manfaat, Anda juga dilatih untuk memiliki jiwa wirausaha yang sangat berguna jika Anda telah lulus nanti.

Jaga bisnis Anda sesuai dengan keterampilan. Misalnya, jika Anda suka bernyanyi, tidak ada salahnya untuk menghadiri berbagai konser yang diadakan oleh kampus atau organisasi atau menjadi guru musik. Atau, jika Anda memiliki kemampuan tinggi di salah satu kursus, tidak ada salahnya menjadi guru swasta. Intinya, jelajahi kemampuan dalam diri, lalu kembangkan untuk memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

  1. Mencari Pekerjaan Lepas atau Paruh Waktu

Di perguruan tinggi, ada banyak waktu Anda yang tersisa. Jangan buang waktu ini hanya untuk kolusi yang tidak berguna. Akan lebih baik jika mencari pekerjaan freelance yang bisa dilakukan di sela waktu. Atau, Anda juga dapat menemukan pekerjaan paruh waktu yang lebih fleksibel. Saat ini, ada banyak pekerjaan lepas dan paruh waktu yang dapat Anda lakukan. Misalnya, menjadi penulis artikel lepas, memelihara toko, dan banyak lagi. Anda bisa mendapatkan inspirasi dari teman atau teman. Selain bagian-bagian tambahan, ada manfaat yang bisa diperoleh dari melakukan kegiatan ini. Anda memiliki banyak koneksi yang pasti dibutuhkan ketika Anda lulus nanti. Menjadi siswa bukan berarti hanya duduk mencari ilmu di kelas. Anda juga dapat melakukan banyak hal positif yang dapat dilakukan siswa.

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *