Gaji adalah pembayaran berkala dari atas atau pimpinan yang menyediakan pekerjaan kepada karyawan yang tertulis dalam kontrak kerja. Gaji atau kadang-kadang disebut sebagai upah bisa dibilang merupakan bentuk pengeluaran oleh pengusaha untuk mendapatkan sumber daya manusia. Jumlah gaji juga tergantung pada ketentuan dari majikan atau perusahaan serta negosiasi karyawan itu sendiri. Sebagai bukti gaji atau upah, pekerja akan menerima slip gaji yang berisi perincian penghasilan.

Jurusan kuliah dengan gaji tertinggi biasanya menjadi incaran calon mahasiswa ketika ingin masuk universitas. Apakah Anda salah satunya? Jika demikian, lihat informasi tentang daftar jurusan perguruan tinggi yang memiliki gaji awal tertinggi ketika lulus nanti berikut ini :

  1. Teknik Perminyakan dan Teknik Penambangan

Departemen ini lebih fokus pada pekerjaan pertambangan minyak, gas, dan panas bumi. Di lapangan, pekerja akan melakukan berbagai kegiatan, seperti eksplorasi lokasi, pengeboran, distribusi, hingga pemrosesan dan perdagangan minyak dan gas. Teknik penambangan dan minyak ini memang memiliki pekerjaan serupa. Namun, yang ditambang adalah benda padat, seperti logam, batu bara, dan sebagainya. Tak heran kedua jurusan ini mendapat peringkat gaji tertinggi pertama di seluruh dunia. Sayangnya, tidak semua universitas menyediakan dua jurusan ini.

  1. Teknik Kelautan

Pekerjaan yang akan dilakukan oleh lulusan teknik kelautan meliputi desain, pengembangan, dan pemeliharaan teknologi dan peralatan di laut. Ini untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan untuk kapal yang berlayar di laut, seperti mencegah bencana, membangun sistem yang berkelanjutan, menjaga kelestarian laut, dan sebagainya. Karena departemen ini masih langka, sumber daya manusia masih langka. Padahal, potensi laut Indonesia sangat luas. Tidak heran gaji untuk karyawan awal cukup tinggi.

  1. Rekayasa Sistem Komputer

Di departemen ini, siswa akan mempelajari berbagai sistem yang terjadi di komputer. Dengan begitu, kendala teknis apa pun yang terjadi pada komputer dapat diatasi dengan mudah. Tidak hanya itu, lulusan teknik sistem komputer juga diharapkan dapat merancang perangkat lunak atau perangkat keras komputer. Karena itu, tidak hanya ketepatan, mahasiswa yang masuk jurusan ini juga dituntut memiliki intelektual yang tinggi, terutama masalah logika. Tidak heran gaji yang diberikan kepada lulusan jurusan ini saat bekerja sangat tinggi.

  1. Teknik dan Ilmu Komputer

Departemen ini hampir sama dengan departemen sebelumnya. Hanya saja, selain belajar tentang perangkat lunak komputer, mahasiswa di jurusan ini juga diharuskan mengetahui aspek teknis perangkat keras komputer yang terhubung dengan ilmu kelistrikan. Di era teknologi saat ini, di mana hampir semua aktivitas manusia dapat dikendalikan oleh komputer, diperlukan pakar dalam bidang ini. Gaji yang diperoleh karyawan saat bekerja tidak jauh berbeda dengan departemen sebelumnya.

  1. Teknik Kimia

Departemen ini belajar tentang cara mengubah bahan baku menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi tinggi menggunakan metode kimia. Hampir semua perusahaan yang menghasilkan barang membutuhkan kekuatan ini. Tidak heran peluang kerja untuk departemen ini sangat luas, seperti di bidang makanan, kosmetik, semen, pupuk, gula, farmasi dan banyak lagi industri.

Itulah 5 jurusan top di universitas dengan lulusan yang memiliki kesempatan untuk mendapatkan gaji tertinggi. Beberapa jurusan yang tidak terpaut jauh dari gaji adalah teknik listrik dan komputer, teknik tenaga listrik, dan teknik nuklir. Jadi, bijak dalam memilih jurusan kuliah dengan gaji tertinggi.

share