Ide-ide kreatif dapat datang dari mana saja dan kapan saja. Namun tidak jarang ide-ide kreatif menjadi sangat sulit muncul ketika dibutuhkan. Anda mungkin pernah mengalami menjadi orang yang tidak banyak digunakan ketika proses brainstorming ketika ada proyek baru, atau sangat sulit untuk menemukan ide konsep yang tepat untuk pesanan desain dari klien, atau ide menulis untuk melanjutkan cerita novel atau webtoon Anda terjebak di sana meskipun untuk tenggat waktu singkat lagi. Apa yang harus dilakukan ketika menghadapi saat-saat seperti itu? Ini dia beberapa tips untuk menemukan ide-ide kreatif yang bisa diterapkan.

  1. Jernihkan pikiran Anda

Terkadang, pikiran yang terlalu penuh bisa menjadi kendala utama yang menyebabkan Anda mandek. Cobalah jernihkan pikiran Anda, hentikan semua pikiran yang telah dibuat untuk mencari ide mulai dari awal, terbuka untuk semua kemungkinan, lihat cara lain yang sebelumnya tidak dapat Anda lihat, dan yang paling penting adalah menghilangkan sikap negatif.

  1. Keluar dari rutinitas

Kiat menemukan ide kreatif kedua adalah keluar dari rutinitas. Kegiatan rutin menyebabkan otak jarang berpikir kreatif karena Anda sudah memiliki urutan kegiatan yang bisa dilakukan tanpa harus berpikir. Jadi untuk merangsang otak, cobalah untuk melakukan hal-hal yang berada di luar rutinitas, siapa tahu bisa menemukan hal-hal baru untuk menjadi sumber ide kreatif Anda. Hal-hal yang Anda lakukan di luar rutinitas Anda dapat dilakukan dari hal-hal sederhana seperti mendengarkan musik di luar genre favorit Anda, mengambil rute berbeda ketika pergi bekerja atau pulang, berbelanja di supermarket yang berbeda, mencoba makanan yang belum pernah dicoba sebelumnya, dan seterusnya.

  1. Dengarkan musik klasik

Mendengarkan musik dengan komposisi yang kompleks dapat dibuktikan secara ilmiah. Anda dapat mencoba trik ini ketika merasa stagnan dengan ide-ide kreatif untuk karya-karya baru. Musik klasik dapat menjadi tip untuk menemukan ide-ide kreatif yang fleksibel karena Anda dapat mendengarkan musik klasik di mana saja. Misalnya saat santai di rumah, saat sedang di jalan, sebelum tidur, dan sebagainya.

  1. Bergerak aktif

Telah dibuktikan secara ilmiah bahwa tubuh yang aktif dapat merangsang otak untuk membentuk neuron baru. Dalam kehidupan sehari-hari Anda mungkin terlalu sibuk untuk berolahraga secara teratur atau terlalu banyak duduk di depan komputer. Menambahkan sebagian aktivitas fisik dapat membantu Anda berpikir di luar kotak yang dapat memicu gagasan kreatif ini. Tips mencari ide kreatif tidak sulit bukan? Karena ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan seperti berolahraga, bersepeda, berolahraga, bahkan membersihkan rumah juga bisa menjadi stimulus bagi otak.

  1. Stimulasi diri dengan unsur-unsur alami dan berbagai macam warna

Kiat untuk menemukan ide kreatif ini bisa Anda lakukan bersama dengan tips sebelumnya. Misalnya Anda bisa pergi ke tempat yang dekat dengan alam atau ke tempat yang menggunakan banyak warna. Karena alam dan juga warnanya dapat meningkatkan ketajaman indera dalam tubuh manusia sehingga otak bisa mendapatkan stimulasi dari segala arah.

Jika Anda merasa tegang dan stres cobalah untuk menempatkan atau melihat sesuatu yang hijau dan biru karena warna ini memiliki efek menenangkan. Jika Anda membutuhkan ide baru, Anda dapat mengelilingi diri Anda dengan warna-warna cerah dan bervariasi. Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk keluar dan menjadi satu dengan alam, Anda dapat mendengarkan suara alam, yang dapat diunduh mp3s dari internet.

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *