3 model pembelajaran sering diguanakan dalam penelitian akhir studi mahasiswa – selamat malam pakarnis sekalian kali ini admin akan membahas persoalan model-model pembelajaran yang biasa digunakan dalam proses pembelajaran yang dilakukan, nah salah satu model yang paling sering digunakan adalah model pembelajaran kooperatif. model pembelajaran yang dikembangkan oleh slavin ini menjadi paling sering digunakan mahasiswa dalam melakukan proses penelitian sebagai tugas akhir pembuatan skripsi. model pembelajaran kooperatif sendiri adalah suatu model pembelajaran yang dalam pelaksanaannya mengedepankan pemanfaatan kelompok-kelompok siswa (peserta didik). model pembelajaran ini lebih mengendepankan pembelajaran berkelompok dimana proses kerjasama peserta didik dalam kelompok yang diharapka terjadi.
3 Model Pembelajaran Sering digunakan dalam Penelitian Akhir Studi Mahasiswa

nah dalam model pembelajaran kooperatif sendiri memiliki beberapa macam jenis. kali ini admin akan membahas 3 jenis model pembelajaran kooperatif yang sering digunakan.

pertama adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student Teams Achievement Division) pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini peserta didik dikelompok kan ke dalam beberapa kelompok kecil yang disebut tim. kemudian seluruh kelas diberikan presentasi materi pelajaran, peserta didik kemudian diberikan tes. nilai-nilai individu digabungkan menjadi nilai tim. pada model pembelajaran tipe ini walaupun peserta didik dites secara individual, peserta diidk tetap dipacu untuk bekerja sama untuk meningkatkan kinerja dan prestasi timnya. bila pertama kali digunakan dikelas anda maka ada baiknya guru terlebih dahulu memperkenalkan model pembelajaran kooperatif STAD ini kepada peserta didik.

kedua adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT mirip dengan model pembelajaran tipe STAD namun bedanya adalah hanya terdapat pada kuis yang digantikan dengan turnamen mingguan. pada model pembelajaran kooperatif ini, peserta didik saling berkompetensi dengan peserta didik lainnya dari kelompok lainnya agar dapat memberikan kontribusi poi bagi kelompoknya. suatu prosedur tertentu digunakan untuk membuat permainan atau turnamen berjalan secara adil.

dan yang terakhir adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) mulanya dikembangkan oleh Frank T.Lyman pada tahun 1981. tipe model pembelajaran kooperatif ini memunkinkan setiap anggota pasangan pesrta diidk untuk berkontemplasi terhadap sebuah pertanyaan yang diajukan. setelah diberikan waktu yang cukup mereka selanjutnyan diminta untuk mendiskusikan apa yang telah mereka pikirkan tadi (hasil kontemplasi) dengan pasangan masing-masing. setalah diskusi dengan pasangan selesai, guru kemudian mengumpulkan tanggapan atau jawaban atas pertanyaan yang telah diajukan tersebut dari seluruh kelas.

Demikian artikel tentang 3 Model Pembelajaran yang Sering digunakan dalam Penelitian Akhir Studi Mahasiswa semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan referensi buat pakarnis sekalian. jangan lupa dishare,…

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *