Pendapat Pakar –  3 Acuan Penilaian Penting Yang Wajib Di Pahami Oleh Guru, Dalam proses pembalajaran, penilaian menjadi hal yang sangat penting untuk dipahami bagi seorang guru ataupun para calon guru. sebab penilain akan menjadi data untuk dapat melakukan evaluasi terhadap para peserta didik yang telah dinilai. Berikut 3 contoh penilaian dalam proses pembelajaran.
3 Acuan Penilaian Penting Yang Wajib Di Pahami Oleh Guru

3 Acuan Penilaian Penting Yang Wajib Di Pahami Oleh Guru :

Penilain Formatif

Penilaian formatif adalah penilaian yang menyediakan informasi kepada siswa dan guru untuk digunakan dalam memperbaiki kegiatan belajar mengaja. Hal ini sering dilaksanakan secara informal dan berkelanjutan, meski mereka tidak menyadarinya.

Penilaian Sumatif

Penilaian Sumatif merupakan jenis penilaian yang orientasinya adalah pengumpulan informasi tentang pembelajaran yang dilakukan pada rentang waktu tertentu atau pada akhir suatu unit pelajaran. Penilaian sumatif dilakukan pada akhir semester atau unit instruksional untuk menilai kualitas dan kuantitas akhir pencapaian belajar siswa atau kesuksesan dari program instruksional
Penilaian sumatif sering digunakan oleh para guru disekolah, dimana penilaian jenis ini jika ditinjau dari segi motivasinya sangat menguntukan bagi siswa yang memperoleh prestasi tinggi dimana dari prestasi yang tinggi dapat menjadikan mereka lebih optimis dalam menghadapi pembelajaran berikutnya, sedangkan bagi siswa yang prestasinya rendah akan memiliki sikap yang pesimis mereka menjadi siswa yang kurang percaya diri dengan kemampuan mereka sendiri.

Penilaian Untuk Belajar (PUB)

Penilain untuk belajar pada dasarnya adalah penilaian formatif yang dilaksanakan sesuai dengan fungsi dan tujuan penilaian formatif secara benar. Penialain untuk belajar muncul sebagai akibat kegagalan dalam pelaksanaan penilaian formatif.
Penilaian untuk belajar merupakan model penilaian yang lebih memihak pada membantu siswa untuk lebih memahami dan menguasai materi pelajaran yang diberikan, dengan kesempatan kepada mereka untuk lebih bertanggung jawab terhadap belajar mereka sendiri. Penialain untuk belajar terintegrasi secara terus menerus selama pembelajaran berlangsung
Demikian artikel 3 Acuan Penilaian Penting Yang Wajib Di Pahami Oleh Guru semoga bisa menjadi tambahan wawasan buat pakarnis sekalian dalam memahami bentuk-bentuk penilaian terkhusus buat para Guru dan Calon Guru serta Praktisi Pendidikan lainnya.
share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *