Pendapat Pakar, 10 Ciri Pokok Penelitian Kualitatif –  Selamat Malam pakarnis sekalian malam ini admin akan mengulas tentang ciri-ciri dari metode penelitian kualitatif. seperti diketahui bahwa penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dan lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati demikian pendapat salah seorang pakar Bogda dan Guba.
10 Ciri Pokok Penelitian Kualitatif || Metode Penelitian

10 Ciri Pokok Penelitian Kualitatif :

  1. Naturalistic inquiry yaitu mempelajari situasi dunia nyata secara alamiah, tidak melakukan manipulasi,; terbuka pada apapun yang timbul.
  2. Inductive analysis yaitu mendalami rincian dan kekhasan data guna menemukan  kategori, dimensi, dan kesaling hubungan.
  3. Holistic perspective yaitu seluruh gejala yang dipelajari dipahami sebagai sistem yang kompleks lebih dari sekedar penjumlahan bagian-bagiannya.
  4. Qualitative data yaitu deskripsi terinci, kajian/inkuiri dilakukan secara mendalam
  5. Personal contact and insight yaitu peneliti punya hubungan langsung dan bergaul erat dengan orang-orang, situasi dan gejala yang sedang dipelajari.
  6. Dynamic systems yaitu memperhatikan proses; menganggap perubahan bersifat konstan dan terus berlangsung baik secara individu maupun budaya secara keseluruhan.
  7. Unique case orientation  yaitu menganggap setiap kasus bersifat khusus dan khas.
  8. Context Sensitivity yaitu menempatkan temuan dalam konteks sosial, historis dan waktu.
  9. Emphatic Netrality yaitu  penelitian dilakukan secara netral agar obyektif tapi bersifat empati
  10. Design flexibility yaitu desain penelitiannya bersifat fleksibel, terbuka beradaptasi sesuai perubahan yang terjadi (tidak bersifat kaku)
Demikian artikel 10 Ciri Pokok Penelitian Kualitatif semoga artikel ini bisa membantu pakarnis sekalian dalam memahami apa itu penelitian kualitatif.
share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *