Mesir adalah perpaduan pengaruh Afrika, Mediterania, dan Arab yang memikat.  Negara ini memiliki sejarah, budaya, dan norma yang unik.  Mesir memiliki institusi yang dihormati dan menyediakan lingkungan yang memikat.  Tergantung di mana  kamu  memilih untuk belajar di negara ini,  kamu  akan tinggal di tengah-tengah monumen kuno di Kairo, dalam jarak berjalan kaki dari beberapa Mercusuar kuno di Alexandria atau di pantai Mediterania.  Selain itu, ini adalah rumah bagi beberapa situs bersejarah paling terkenal di dunia, termasuk Kuil Karnak, Lembah Para Raja, dan Piramida Agung.  Mesir telah tumbuh menjadi masyarakat yang dinamis dengan ekonomi yang berkembang pesat.

 

 Alasan Dan Keuntungan Kuliah Di Mesir

 

Belajar di Mesir memberi siswa kesempatan untuk belajar tentang berbagai aspek budaya Timur Tengah, termasuk politik, sejarah, dan ekonomi.  Lingkungan multi-budaya disediakan bagi siswa di Mesir. Berikut adalah beberapa alasan dan keuntungan kuliah di Mesir bagi mahasiswa asing :

 

 Kualitas Pendidikan

 

Mesir menawarkan pendidikan berkualitas di semua tingkat pendidikan: pendidikan pra-sekolah dasar, dasar, menengah dan tinggi.  Universitas Mesir menawarkan banyak program studi bagi siswa. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di Mesir bagi mahasiswa Internasional.

 

 Belajar dan Hidup Terjangkau

 

Di Mesir, biaya hidup dan belajar rendah.  Ini adalah tempat yang tidak mahal untuk ditinggali, dengan transportasi, makanan dan hal-hal lain yang tidak mahal. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di Mesir bagi mahasiswa Internasional.

 

 Lingkungan Multikultural

 

Siswa yang belajar di Mesir dapat menjelajahi budaya yang sangat berbeda dengan budaya mereka sendiri.  Menjembatani Afrika timur laut dan wilayah Timur Tengah, dan dengan garis pantai Mediterania, Mesir memberikan perpaduan unik antara budaya dan tradisi Afrika, Arab, dan Mediterania. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di Mesir bagi mahasiswa Internasional.

 

 Banyak Beasiswa

 

Ada banyak program beasiswa yang ditawarkan kepada pelajar Internasional dan Mesir.  Ada beasiswa federal dan program yang didanai swasta. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di Mesir bagi mahasiswa Internasional.

 

 Mempelajari Bahasa baru

 

Saat belajar di Mesir,  kamu  bisa belajar bahasa Arab.   kamu  dikelilingi oleh bahasa setiap hari, sehingga belajar menjadi mudah. Ini merupakan salah satu alasan dan keuntungan kuliah di Mesir bagi mahasiswa Internasional.

 

Bangsa Mesir telah menjadi landasan dunia Arab selama ribuan tahun, sejak irigasi sungai Nil memungkinkan tumbuh-tumbuhan tumbuh subur dan peradaban berkembang.  Hingga hari ini, tempat ini menjadi pusat budaya, dengan orang-orang yang melakukan perjalanan dari seluruh dunia untuk acara seperti Festival Matahari Abu Simbel, dan perayaan tahunan nasional pada festival suci Islam Idul Fitri.

 

Mesir telah menjadi rumah bagi orang-orang ulet yang telah meninggalkan monumen menakjubkan dari piramida hingga Sphinx.  Bahkan di zaman kuno, orang bepergian ke sana untuk melihat keajaiban yang telah dibangun.  Saat ini, Mesir berdiri sebagai salah satu negara modern yang menyandingkan masa lalu dan masa kini mereka dengan cara yang mencolok.  Bangunan-bangunan modern bercampur aduk dengan desa-desa kecil dan reruntuhan dari masa lampau, semuanya diatur dengan latar belakang gurun, Sungai Nil, dan monumen Mesir yang terkenal.  Kekayaan seni dan arsitektur yang terakumulasi selama ribuan tahun berada di sana.  Bersiaplah untuk kagum.

 

 Ingin belajar Ilmu Islam?

 

Jika kamu ingin melanjutkan studi tentang islam, maka tidak perlu mencari lagi.  Mesir dan Kairo khususnya memiliki banyak guru yang tersedia untuk membawa siswa dari yang mengetahui dasar-dasar alfabet ke bahasa Arab tingkat lanjut.  Dalam banyak kasus, akan lebih baik bagi seorang siswa untuk mempelajari dasar-dasar tata bahasa Arab di negara asalnya dan kemudian datang ke Mesir.

 

Kairo adalah rumah bagi salah satu lembaga pembelajaran Islam tertua di dunia, Universitas Al – Azhar, yang telah melahirkan sarjana dari generasi ke generasi.  Oleh karena itu, tidak ada kekurangan guru, tetapi kuncinya adalah membangun hubungan yang baik dengan guru dan siswa sehingga  kamu  tahu ke mana atau kepada siapa harus pergi ketika membutuhkan guru untuk mata pelajaran tertentu.

 

 Mata pelajaran apa yang dapat  kamu  pelajari di Mesir?

 

Salah satu hal hebat tentang Mesir adalah bahwa begitu seorang siswa memiliki tingkat kemampuan bahasa Arab yang cukup baik, mereka biasanya dapat memilih buku yang ingin mereka pelajari dan mencari guru yang kompeten dalam mata pelajaran tersebut untuk diduduki.  Secara umum, mata pelajaran apa pun dalam ilmu Islam dapat dipelajari di sini dari tingkat dasar hingga lanjutan.

 

Di bawah ini beberapa mata kuliah yang dapat dipelajari siswa di Mesir.

 

Tata Bahasa Arab (Nahw) dan Morfologi (Sarf) dan Bahasa Arab Umum untuk Pemula: Ini adalah spesialisasi yang paling umum dan hampir semua guru kompeten dalam tata bahasa Arab seperti yang diajarkan kepada siswa selama masa sekolah mereka serta Universitas untuk spesialis dalam bahasa Arab  bahasa dan sastra.  Secara umum, saya menemukan bahwa saya mendapatkan banyak manfaat dari lulusan Fakultas Dar-al-Ulum, Universitas Kairo atau dari Fakultas Bahasa Arab di Universitas Al-Azhar.  Namun, sebagai siswa pemula, sebagian besar akan menemukan guru yang kompeten meskipun mereka belum pernah kuliah di dua universitas di atas.  Jika seorang siswa ingin menyelamatkan diri dari kerumitan mencari guru, mereka dapat memilih untuk menghadiri program bahasa Arab terstruktur di sebuah Institut yang akan mencakup dasar-dasar tata bahasa Arab, morfologi, retorika, bahasa dan sastra.

 

Retorika (Balaagha) dan Sastra Arab (Adab): Beberapa orang paling hebat di dunia Islam belajar dan menghabiskan waktu di Mesir.  Beberapa karya umum yang dikenal baik di kalangan kalangan intelektual, ulama dan masyarakat umum adalah karya Syekh Ali Al-Tantawi dan Mustafa Sadiq al-Rafi’i.  Selain sarjana kontemporer ini, kita dapat menemukan guru untuk duduk bersama, belajar dan mendiskusikan gaya sastra, retorika ulama modern dan lama.

 

Fikih Islam (Fiqih) dan Prinsip Fikih (Usul al-Fiqh): Seorang siswa dapat menemukan guru dan ulama yang sangat berkualifikasi dalam Hukum Islam, apapun bentuknya.  Beberapa siswa tingkat lanjut bahkan dapat duduk dengan seorang ulama di rumah mereka dan mengerjakan buku-buku Fiqh dan Usul.  Ada jadwal yang dipublikasikan di Universitas Al-Azhar dan di halaman facebook mereka di mana seorang siswa akan menemukan informasi yang diperlukan mengenai hari-hari di mana pelajaran diadakan, waktu, dan mata pelajaran yang diajarkan.

 

Ada juga Lembaga selain Universitas Al-Azhar di Kota Nasr, Muqattam serta Kairo Baru di mana kelas-kelas pengajaran Fiqh dan Usul al-Fiqh diadakan.

 

Ilmu Tafsir dan Hadits:

Hafalan Alquran dan Tajwid: Hafalan adalah sesuatu yang sangat bergantung pada upaya siswa sendiri.  Namun, melalui program terstruktur dan akuntabilitas kepada seorang guru, seseorang dapat menghafal Alquran dengan baik.  Ada Lembaga seperti Institut Ma’sarawi yang terkenal, yang terletak di kota Nasr serta banyak lembaga lain yang tersebar di Kairo yang memberikan pelajaran untuk menghafal dan tajwid.  Mayoritas institusi ini juga akan memberikan Ijaaza setelah menyelesaikan studi.

 

Logika (Mantiq), Teologi Skolastik Islam (Ilm-al-Kalam) dan Akidah Islam (Aqidah): Tanpa menggali terlalu banyak detail jika seseorang mencari mata pelajaran di atas mereka juga dapat menemukan guru di Universitas Al-Azhar dan di tempat lain.  Al-Azhar cenderung lebih fokus pada Asy’ari aqidah tetapi Mesir adalah tempat yang sangat beragam dan  kamu  dapat menemukan ulama dan mahasiswa dari seluruh dunia.  Akibatnya, jika seorang siswa mencari keyakinan tertentu, dia akan menemukan seorang guru untuk sudut pandang tersebut.

 

 Manfaat belajar di Mesir

 

Mesir saat ini adalah pilihan yang bagus bagi siswa terutama karena harga hidup.  Makanan dan akomodasi cukup murah dan biaya kuliah pribadi juga sangat masuk akal.

 

Seorang siswa yang datang untuk belajar di Mesir juga terikat untuk bertemu dengan sekelompok siswa yang beragam, beberapa di antaranya mungkin berasal dari latar belakang yang sangat berbeda.  Ini adalah kesempatan bagus untuk memahami sudut pandng lain dan melakukan diskusi yang sehat dengan siswa lain.

share